TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

PBB dan PSI Menjadi Parpol Paling Sedikit Daftarkan Bacaleg

KPU Pandeglang Mulai Lakukan Tahap Verifikasi Administrasi

Oleh: ARI SUPRIADI
Senin, 15 Mei 2023 | 13:51 WIB
Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai, saat menyampaikan keterang pers.(Ari Supriadi/Tangsel Pos)
Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai, saat menyampaikan keterang pers.(Ari Supriadi/Tangsel Pos)

PANDEGLANG - Partai Bulan Bintang (PBB) menjadi partai politik (parpol) yang paling sedikit mendaftarkan daftar nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang. Partai besutan Yusril Ihza Mahendra ini mendaftarkan 10 bacaleg dari kuota 50 bacaleg.

Ketua DPC PBB Kabupaten Pandeglang, Nazamudin mengaku, kesulitan untuk mendapatkan bacaleg. Ia menduga, kesulitan mencari bacaleg ini salah satunya dipengaruhi belum diputuskannya sistem pemilihan secara terbuka atau tertutup oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sepuluh bacaleg yang didaftarkan merupakan kader PBB, mereka maju karena diri sendiri, tidak dimodali partai. Mereka (bacaleg, red) adalah para petarung," ujar Nazamudin, saat menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke Kantor KPU Pandeglang, Sabtu (13/5/2023).

Anggota DPRD Pandeglang mengimbau, kepada masyarakat untuk bisa menggunakan suaranya pada Pemilu 2024 sesuai dengan hati nurani serta menghindari perbuatan melawan hukum, seperti terlibat politik uang. “Doakan PBB bisa memiliki satu fraksi,” singkatnya.

Parpol lain yang menyerahkan daftar bacaleg dengan jumlah sedikit yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 14 bacaleg. Meski hanya 14 bacaleg yang didaftarkan, DPD PSI Pandeglang tetap optimis bisa meraih kursi.

Ketua DPD PSI Kabupaten Pandeglang, Asep Rudy Nasir mengatakan, pada Pemilu 2024 partainya menargetkan minimal bisa merebut tiga kursi.  "Ada 15 bacaleg yang kami daftarkan ke KPU Pandeglang. Target minimal kami tiga kursi," ujar Asep.

Selain PBB dan PSI, terdapat enam parpol yang  yang mendaftarkan bacaleg di bawah kuota 50 bacaleg. Keenam parpol itu yakni, Partai Buruh yang mendaftarkan 33 bacaleg, Partai Gelora dengan 29 bacaleg, Partai Garuda 48 bacaleg, Partai Perindo mendaftarkan 46 bacaleg, dan Partai Ummat dengan 38 bacaleg.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai mengatakan, sejak hari pertama dibuka waktu penyerahan nama bacaleg pada 1-14 Mei, terdapat 18 parpol yang mendaftar dengan jumlah 766 bacaleg yang terdiri dari 481 bacaleg laki-laki dan 285 bacaleg perempuan.

“KPU Pandeglang sudah melaksanakan proses penutupan penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD Pandeglang. Sebagaimana kita ketahui bersama dari kedelapan belas parpol yang menyampaikan ke KPU Pandeglang,” ungkap Ahmad Sujai, dalam konferensi pers di Kantor KPU Pandeglang, Senin (15/5/2023) dini hari.

Dikatakan Sujai, setelah selesai masa pengajuan daftar bacaleg, sesuai ketentuan KPU Pandeglang selanjutnya akan melakukan proses verifikasi administrasi dokumen yang diserahkan parpol pada 15 Mei hingga 23 Juni.(rie)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo