TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Melihat Bimbingan Manasik Haji Serentak Di Tujuh Kecamatan

Haji Ramah Lansia, Ibadah Di Pesawat

Laporan: Sudin Antoro
Selasa, 16 Mei 2023 | 07:20 WIB
Bimbingan manasik (bimsik) haji berlangsung di KUA Setu dihadiri Camat Setu Erwin Gemala Putra (tiga dari kanan depan). (din)
Bimbingan manasik (bimsik) haji berlangsung di KUA Setu dihadiri Camat Setu Erwin Gemala Putra (tiga dari kanan depan). (din)

SETU - Seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di tujuh kecamatan se-Kota Tangsel menyelenggarakan bimbingan manasik haji secara serentak, selama enam kali. Ini dilakukan untuk pemantapan setelah pembekalan manasik haji tingkat kota selama dua hari kemarin. Salah satunya dilakukan di KUA Kecamatan Setu.

 Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel, Dedi Mahfudin menjelaskan,  bimbingan manasik haji merupakan proses pembekalan yang dilakukan Kementerian Agama kepada calon jamaah haji. Mereka memiliki hak mendapatkan delapan kali pertemuan dalam bimbingan manasik haji, di tingkat Kabupaten/Kota sebanyak dua kali pertemuan, dan di tingkat KUA Kecamatan sebanyak enam kali.
 “Dalam bimbingan manasik haji, jamaah mendapatkan materi seputar ibadah haji, mulai dari rukun, wajib, larangan, termasuk rencana tahapan perjalanan ibadah haji, kesehatan haji, ibadah di dalam pesawat, dan layanan untuk jamaah haji lainnya. Khusus tahun 2023 ini, ada tambahan materi seputar haji ramah lansia,” ujarnya.
 Dia melanjutkan, materi dan praktik lebih detail dijelaskan pada bimbingan manasik haji di 7 KUA Kecamatan se-Kota Tangsel yang diadakan serentak mulai Senin (15/5) hingga 20 Mei 2023 mendatang. 
 Ia menambahkan, tahun ini Kementerian Agama mengusung tagline #HajiRamahLansia. Diharapkan semangat yang sama juga melandasi pelaksanaan bimbingan manasik haji sehingga terbangun kesadaran seluruh jamaah sejak awal untuk peduli terhadap sesamanya terlebih jamaah lansia.
 “Menurut data, sekitar 30 persen dari total kuota jamaah haji Indonesia yang diberangkatkan ke Tanah Suci tahun 2023 ini merupakan kelompok lanjut usia (lansia). Oleh karenanya, sejak pelaksanaan bimbingan manasik haji, pelayanan kepada para lansia sangat kami perhatikan. Dan para petugas juga sudah dibekali untuk melakukan hal yang sama saat di tanah suci. Tangsel sendiri tahun ini memberangkatkan sebanyak 1.091 orang, yang terbagi dalam 5 Kloter,” tambah ia.
 Dedi berpesan kepada seluruh jamaah agar senantiasa menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat, serta meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar dengan penuh keikhlasan semata-mata mengharap ridho Allah SWT guna memenuhi panggilan-Nya.
 “Apabila ada yang tidak dipahami dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji, hendaknya tidak ragu untuk bertanya kepada pembimbing manasik haji sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang baik dan benar tentang pelaksanaan ibadah haji. Karena semakin banyak pemahaman, pengetahuan, dan wawasan terkait pelaksanaan ibadah haji akan mempermudah mencapai haji yang mabrur,” bebernya.
 Camat Setu, Erwin Gemala Putra yang hadir dalam acara tersebut berpesan supaya selama mengikuti bimbingan manasik haji harus serius serta menjaga kesehatan selama di Tanah Suci nanti agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar. Pihaknya juga turut mendukung suksesnya pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2023. 
 "Tentunya turut mensukseskan dan mendukung terselenggaranya pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, semoga jamaah asal Tangsel diberikan kesehatan semua dan keselamatan serta kemudahan selama mengikuti rangkain mulai dari manasik hingga ibadah haji di Tanah Suci Mekkah," doanya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo