TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Digoda Banteng Dukung Ganjar

Beringin Fokus Gagas Bangun Koalisi Besar

Laporan: AY
Jumat, 19 Mei 2023 | 09:25 WIB
Ketua DPD Golkar Dave Laksono.  Foto : Ist
Ketua DPD Golkar Dave Laksono. Foto : Ist

JAKARTA - Partai Golkar menyambut baik ajakan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Puan Maharani mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo nyapres. Beringin mengaku sangat terbuka berkomunikasi dengan seluruh partai politik. Tapi, Golkar juga fokus mengagas koalisi besar.

“Kita masih membuka komu­nikasi dengan semua, walaupun sudah ada tanda kedekatan dengan para mitra koalisi besar,” ujar Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono kepada Rakyat Merdeka, belum lama ini.

Partai Golkar sedang berupaya membangun koalisi besar dengan menggabungkan dua koalisi yang sudah muncul. Yaitu, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dimotori Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang digagas Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Putra eks Ketua DPR, Agung Laksono ini mengatakan, ke­inginan Golkar adalah terbentuk dahulu koalisi besar. Termasuk, dengan PDI Perjuangan. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga menjalin komuni­kasi baik dengan partai koalisi Pemerintah di parlemen bersama Presiden Jokowi.

Nah, setelah koalisi besar itu terbangun dengan semangat membangun Indonesia lebih baik sekaligus melanjutkan program baik Presiden Jokowi, maka seluruh parpol koalisi dapat posisi yang sejajar. Ketika itu terjadi, niscaya tidak hanya melahirkan pemimpin hebat, juga ditopang program terbaik. “Yang utama itu semua masuk di dalam koalisi dalam posisi yang sejajar. Tidak menganggap lebih hebat dari yang lain,” tutupnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F Paulus. Merespons kode Puan tetang partai kuning mendukung Ganjar, Wakil Ketua DPR menyebut secara teknis partainya tengah melakukan silaturahmi politik dengan ber­bagai parpol.

Justru itu kita masih silaturahmi, jangan itu dulu, ini lagi jalan baru mau ngobrol abis ini,” kata Lodewijk usai menghadiri pem­bukaan masa sidang bersama Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, dan Wakil Ketua DPR, Rachmat Gobel, di Senayan, Jakarta, kemarin.

Lodewijk menyebut, pihaknya akan berdiskusi dahulu dengan Puan Maharani terkait hal itu. Setelah ada pembicaraan lebih lanjut, baru disampaikan kepada publik. “Entar, kalau aku sudah ngobrol sama Bu Puan nanti aku baru ngasih tahu,” kelakarnya.

Sebelumnya, Puan Maharani tersirat menggoda Partai Golkar mendukung Ganjar di Pilpres 2024. Mulanya, Puan ditanyai media soal langkah PDIP meng­gaet dukungan partai lain men­dukung pencapresan Ganjar.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad yang be­rada di sebelahnya menyinggung Puan yang mengenakan baju kuning. “Sudah pakai baju kuning,”kata Dasco di kompleks parlemen, Selasa (16/5). “Itu tanda-tanda,” timpal Puan sam­bil terkekeh.

Namun, Puan enggan me­rinci partai apa yang bakal ikut mendukung Ganjar Pranowo. Dia belum mau membeberkan. “Namanya strategi kan raha­sia, enggak boleh dikasih tahu dong,” kelakarnya.

Sejauh ini, PDI Perjuangan telah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024. Diumumkan pada 21 April lalu. Sontak, langkah ini langsung didukung PPP. Puan sendiri telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo untuk 2024. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo