TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemkot Dorong Hadirnya Wisata Baru

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 24 Mei 2023 | 07:25 WIB
Dispar Kota Tangsel terus bekerja keras untuk membangun objek wisata baru di Kota Tangsel. (dra)
Dispar Kota Tangsel terus bekerja keras untuk membangun objek wisata baru di Kota Tangsel. (dra)

CIPUTAT-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus mendorong masyarakat untuk membentuk atau membangun objek wisata baru. Keinginan ini berkaca dari kesuksesan Eco Wisata Kampung Keranggan, di Kecamatan Setu.

Eco Wisata Kampung Keranggan masuk ke dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Para wisatawan kian berdatangan ke Kampung Keranggan. Tentunya kondisi ini bisa memberdayakan dan meningkatkan ekonomi sekitar.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tangsel, Ellen Hutabarat mengatakan, saat ini sudah ada tiga tempat yang masyarakatnya membentuk wisata baru. Ketiganya yakni, wisata tari dan lukis di Pamulang, wisata budaya Jawa di Pondok Aren dan eco wisata mirip Keranggan di Pondok Jagung, Serpong Utara.

"Kami mendorong masyarakat membentuk Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis), dengan harapan masyarakatnya bergerak membentuk wisata sesuai dengan keinginan dan minat mereka," ujarnya, Selasa (23/5).

Menurut Ellen, wilayah Tangsel tidak didukung dengan ketersedian alam yang dapat dijadikan objek wisata dan wilayahnya pun terbilang kecil.
 "Kita memang tidak memiliki alam yang bisa dijadikan sebagai objek wisata dan wilayah Tangsel juga tidak luas, jadi masyarakat yang bergerak bersama kami," ujarnya.

Ellen nengaku, bahwa pembentukan wisata baru melalui swadaya masyarakat seperti ini tidak bisa dijalankan satu hingga dua hari, karena pengerjaan wisata ini harus berlanjut terus menerus.

 "Dan tidak hanya sebatas wisata alam saja, ada wisata kesenian, wisata hiburan, wisata budaya dan lainnya. Dan semua ini harus dirawat pelan-pelan," jelasnya.
 Bahkan menurut Ellen, kini setelah melalui perjalanan panjang membangun Kampung Eco Wisata Keranggan, pihaknya kemudian bekerjasama dengan 10 perguruan tinggi dalam mengembangkan potensi Kampung Keranggan dan menjadikan Kampung Keranggan sebagai wisata riset dan penelitian.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo