TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Erick Pede Banget Timnas U-23 Bisa Lolos Final Piala Asia

Oleh: Farhan
Kamis, 25 Mei 2023 | 21:07 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir sangat percaya diri timnas Indonesia bisa menembus putaran final Piala Asia U-23 pada 2024 mendatang.

Optimisme Erick merujuk pada undian grup kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (25/5).

Lawan timnas U-23 sebagai tuan rumah di Grup K dalah tim yang kualitasnya tidak jauh dari Indonesia yakni Turkmenistan dan Chinese Taipei. Apalagi, Indonesia baru saja menunjukkan kualitasnya usai juara SEA Games Kamboja 2023. 

"Peta persaingan sepakbola di Asia saat ini berimbang, terutama di kelompok umur, maka siapapun lawan persiapan kita harus semaksimal. Saya optimistis atmosfer sepakbola Indonesia yang sedang baik usai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik sehingga bisa lolos ke putaran final," kata Erick Thohir.

Selain Tim U-23, sepuluh tim lainnya ditunjuk AFC sebagai tuan rumah penyelenggara Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ialah Bahrain, Tiongkok, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

Babak kualifikasi akan berlangsung pada 4-12 September 2023 yang diikuti 45 kesebelasan dan dibagi ke dalam sebelas grup.

Sebelas juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U23 AFC 2024 yang akan digelar 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar.

Tuan rumah lolos otomatis menggenapi jumlah peserta menjadi 16 tim di putaran final nanti. Piala Asia U-23 juga menjadi babak kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

"Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kita tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang." lanjut Erick.

Dalam edisi terakhir Piala Asia U-23 pada 2022,  tim U-23 gagal lolos ke putaran final. Garuda Muda kalah dengan skor, 2-3 dan 0-1 dari Australia U-23 dalam dua kali pertemuan.

Pengunduran diri Tiongkok U-23 dan Brunei Darussalam U-23 di Grup G pada babak kualifikasi itu juga memengaruhi nasib timnas U-23, sehingga dari grup itu hanya meloloskan Australia ke putaran final.

Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024:

Grup A: Yordania, Suriah, Oman, Brunei Darussalam

Grup B: Korea Selatan, Myanmar, Kirgistan, Qatar

Grup C: Vietnam, Singapura, Yaman, Guam

Grup D: Jepang, Bahrain, Palestina, Pakistan

Grup E: Uzbekistan, Iran, Hong Kong, Afghanistan

Grup F: Irak, Kuwait, Timor Leste, Makau

Grup G: Uni Emirat Arab, India, Maladewa, China

Grup H: Thailand, Malaysia, Bangladesh, Filipina

Grup I: Australia, Tajikistan, Laos, Korea Utara

Grup J: Arab Saudi, Kamboja, Lebanon, Mongolia

Grup K: Turkmenistan, Indonesia, Chinese Taipei

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo