TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Diragukan PKB Dan PPP

Koalisi Besar Selobang Jarum

Laporan: AY
Minggu, 28 Mei 2023 | 10:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

 

JAKARTA - Ambisi Gerindra dan Golkar untuk membentuk Koalisi Besar, makin jauh panggang dari api. Penyebabnya karena  capres-cawapres yang belum ada titik temu. PKB dan PPP yang awalnya bakal jadi bagian dalam Koalisi Besar itu, mulai ragu dengan rencana awalnya. Bisa dikatakan, saat ini peluang itu hanya selobang jarum aja.

Padahal 5 partai, yakni Gerindra, PKB, Golkar, PAN dan PPP sempat bertemu dan dihadiri Presiden Jokowi. Lima partai itu berasal dari 2 poros koalisi yang ada. Golkar-PAN-PPP dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sedangkan Gerindra-PKB tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Namun, di tengah nasibnya yang belum jelas, PPP justru memilih keluar dan bergabung dengan PDIP untuk mengusung Ganjar Pranowo. Sementara PKB tetap mempertahankan Muhaimin Iskandar untuk menjadi pendamping Prabowo.

Namun dalam perjalanannya, PPP secara terang-terangan beralih ke PDIP dan mendukung pencapresan Ganjar Pranowo. Bergabungnya PPP ke Ganjar membuat nasib Koalisi Besar maupun KIB terancam bubar.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengaku pesimis, Koalisi Besar maupun KIB sulit untuk dipertahankan. “Ada nama Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, dan Ganjar Pranowo. Tidak mungkin dalam koalisi ada tiga capres,” ujar pria yang akrab disapa Awiek ini, kemarin.

Dengan demikian, dia menilai bahwa masing-masing partai politik tidak mungkin mau mengalah dan mendapat porsi lebih sedikit. Meski begitu, Awiek menegaskan partainya sudah mantap mendukung Ganjar.

Dia justru .engajak Golkar dan PAN bergabung, jika tetap ingin mempertahankan KIB. Kalau tidak, maka dia menyarankan lebih baik pisah jalan. Walaupun sejauh ini, KIB masih menjalin komunikasi. Khususnya dengan ketum-ketum partai.

Secara formal, KIB belum bubar. Tetapi seperti kami katakan, kalau ternyata capresnya nanti bukan Ganjar, maka otomatis KIB akan berakhir dengan baik-baik,” kata Awiek.

Sikap pesimis juga diungkap Waketum PKB, Jazilul Fawaid. Menurutnya, sudah tidak ada yang bisa dilebur antara KIR dengan KIB. Karena KIB sudah bubar dengan sendirinya, setelah PPP menjalin kerjasama dengan PDIP dan mendukung Ganjar Pranowo.

“KIB sudah bubar, apanya yang mau dilebur,” ujarnya.

Sementara Waketum PAN, Yandri Susanto mengatakan sampai sekarang belum ada pembahasan lebih lanjut soal koalisi besar. Namun Yandri mengakui, ada potensi duet baru di kalangan internal KIB dengan mengusung Airlangga Hartarto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan. “Ini masih sangat dinamis, belum ada kesimpulan,” ujarnya.

Soal PPP yang telah menyatakan dukungan terhadap Ganjar, Yandri tidak mempersoalkan dinamika tersebut. Karena KIB terus menyamakan gagasan politiknya.

Walau ada pihak yang mengabarkan KIB bubar, Yandri menghormati tafsir tersebut. Namun baginya, koalisi internalnya masih dinamis selama belum ada pendaftaran ke KPU.

"Apakah PPP benar-benar mendukung Ganjar kan belum tentu juga, karena kan belum mendaftarkan ke KPU. Artinya semua kemungkinan itu masih bisa terjadi," pungkasnya.

Sementara Pengamat Politik, Agus Baskoro menilai kemungkinan kecil Koalisi Besar dapat terealisasi. Apalagi wacana itu dibangun setelah PDIP sudah mencapreskan Ganjar, dan Gerindra lebih dulu mencapreskan Prabowo.

Selagi kepentingan Gerinda dan Golkar tak mampu diakomodasi dan tidak mencapai titik temu (win-win solution) soal capres, maka menurutnya koalisi besar tidak mungkin terbentuk. “Koalisi Besar sekedar wacana yang layu sebelum berkembang,” pungkasnya. (RM.id)

Foto : Ist
Pos Sebelumnya:
Ngarep Tiketnya Murah
Pos Berikutnya:
Jaga Kesehatan Jemaah Haji
Foto ::Ist
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo