TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

1.300 Orang WNI Rayakan Idul Adha Bersama Di KBRI Bangkok

Laporan: AY
Minggu, 10 Juli 2022 | 19:00 WIB
WNI menunaikan shalat Idhul Adha pada Minggu (10/7/2022) di Lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok. Foto : Dok. KBRI
WNI menunaikan shalat Idhul Adha pada Minggu (10/7/2022) di Lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok. Foto : Dok. KBRI

BANGKOK - Sebanyak 1.337 orang warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Bangkok dan sekitarnya melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 H di Lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok, Minggu (10/7). Seperti keterangan resmi KBRI Bangkok,

antusiasme masyarakat Indonesia melaksanakan Shalat Idul Adha kali ini begitu tinggi, karena dilaksanakan di hari libur.


Selain itu, ada rasa kerinduan untuk melaksanakan Shalat Idul Adha bersama-sama setelah tahun lalu kegiatan ini tidak dilaksanakan secara terbuka akibat pandemi Covid-19. Penyebaran Covid-19 yang sudah jauh menurun membuat Shalat Idul Adha kali ini tidak hanya dihadiri WNI yang berada di Bangkok dan kota-kota disekitarnya, tetapi juga beberapa wisatawan Indonesia yang sedang berkunjung ke Thailand.

Yang bertindak selaku imam Shalat Idul Adha di KBRI Bangkok adalah Ustaz Romli bin Abdulwahid dari Masjid Darul Aman Bangkok. Sedangkan khatib adalah Ustaz Muhammad Sofian Sori, staf KBRI Bangkok. Tema Idul Adha tahun ini adalah “Idul Qurban: Kesalehan Spiritual dan Kepedulian Sosial”.

Dalam khutbahnya, khatib menggarisbawahi mengenai keterkaitan erat antara kesalehan spiritual dengan kesalehan dan kepedulian sosial. Yaitu manusia yang memiliki hubungan baik dengan Pencipta akan memiliki hubungan baik dengan sesama manusia lain dan alam di sekitarnya. Manusia yang memiliki kepedulian sosial akan selalu bermanfaat bagi orang di sekelilingnya. Salah satu bentuk nyata dari kepedulian sosial tersebut adalah dengan cara melaksanakan ibadah kurban.

Setelah selesai melaksanakan Shalat Idul Adha, masyarakat Indonesia terlihat berswafoto ria di beberapa sudut Lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok. Masyarakat Indonesia juga berkesempatan menikmati makanan ringan nusantara sebagai pelepas rindu terhadap cemilan Tanah Air sambil bercengkrama dan melepas rindu dengan sesama WNI lainnya.
Pelaksanaan Shalat Idul Adha seperti ini menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia di rantau. Masyarakat, khususnya mahasiswa Indonesia di Thailand, selalu menunggu-nunggu momen seperti ini, karena dapat melepaskan rasa rindu suasana Lebaran Idul Kurban ala Indonesia di negeri Gajah Putih tersebut.

Pada tahun 2022 ini, KBRI Bangkok tidak melaksanakan pemotongan hewan kurban di lingkungan KBRI Bangkok. Hewan-hewan kurban yang diterima KBRI Bangkok disalurkan ke beberapa kota di Thailand dan Indonesia. (US/AY/rm.id)

Komentar:
Berita Terkini
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo