TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Kesan Managing Director IMF Saat Kunjungi Sarinah

Erick: Indonesia Tak Berada Dalam Jurang Krisis

Oleh: HES/AY
Senin, 18 Juli 2022 | 08:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (baju batik) bersana Managing Director IMF Kristalina (tengah) saat nerada di Sarinah. (Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir (baju batik) bersana Managing Director IMF Kristalina (tengah) saat nerada di Sarinah. (Ist)

JAKARTA - Kunjungan Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva menjadi momen bersejarah bagi Sarinah.

Georgieva tiba di Sarinah pada Minggu (17/7) sore. Dia langsung diajak Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkeliling mengunjungi instalasi kain batik Garuda Nusantara sepanjang 74 meter di area lobi selatan.

Menyaksikan live music Batik Motif Sekar Jagad oleh disabilitas, Sarinah Gallery atau Sarinah photo exhibition, Instalasi Dekonstruksi & Rekonstruksi “Gunungan Wayang” oleh Dudung Aliu Syahbana, dan tur di Department Store.

Georgieva pun menyampaikan kesannya di relief peninggalan Presiden Pertama Indonesia Sukarno.

Kementerian

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kunjungan Georgieva memberikan citra positif bagi pembangunan dan perekonomian Indonesia.

"Ada tiga hal yang disampaikan. Pertama, dia tidak yakin dan qterus meyakinkan, bahwa Indonesia tidak berada dalam jurang krisis seperti yang digembar-gemborkan," ujar Erick.

Terkait hal ini, Erick mengatakan, Indonesia senantiasa mewaspadai situasi tersebut. Meski secara internal, ekonomi Indonesia dalam posisi kuat.

"Secara eksternal, yang namanya geopolitik, global ekonomi bisa saja berdampak," ucap Erick.

Saat ini, Georgieva menilai Indonesia sudah menuju ke arah yang baik, dengan pondasi ekonomi yang kuat. Fokus pada pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan UMKM.

qErick juga mengungkap kekaguman Georgieva terhadap upaya Indonesia, dalam memperkuat ekosistem ekonomi, seperti yang ada di Sarinah.

Menurutnya, penguatan ekosistem tidak bisa dilakukan bila ego sektoral dikedepankan. Harus saling mendukung, dan harus ada hasil yang konkret.

Erick menuturkan, Sarinah tak hanya etalase produk lokal semata. Sarinah adalah wujud upaya pemerintah, dalam meningkatkan kualitas produk lokal, yang bisa bersaing di kancah global dan qberkesinambungan.

"Jangan lagi ada persepsi, seakan-akan produk itu standarnya tidak baik. Kita bisa buktikan di sini. Bahkan, Bapak Presiden bilang, kenapa UMKM harus dijual murah? Padahal, ini handmade bangsa kita. Jualnya mahal dong. Inilah yang harus kita dorong," papar Erick.

"Saya senang, IMF datang ke sini memuji-muji Indonesia. Tidak lagi seperti dahulu. Artinya, kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi sudah berada di alur yang benar. Mari kita saling bekerja sama. Memastikan kita tambah maju lagi," pungkasnya. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo