TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

IMF Harapkan Kepemimpinan Jokowi Di G20 Bantu Negara Lain Hadapi Krisis

Oleh: MF/AY
Senin, 18 Juli 2022 | 09:15 WIB
Presiden Joko Widodo saat menerima Perwakilan IMF di Istana Bogor. (Dok. Setpres)
Presiden Joko Widodo saat menerima Perwakilan IMF di Istana Bogor. (Dok. Setpres)

BOGOR - Dana Moneter Internasional (IMF) berharap  kepemimpinan Indonesia dalam presidensi G20 dapat mendorong para pemimpin negara G20 mendukung langkah institusi-institusi yang memiliki kemampuan untuk membantu negara-negara yang sedang menghadapi krisis.

Hal tersebut, disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan delegasi IMF yang dipimpin oleh Direktur Pelaksana, Kristalina Georgieva di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/7),.

“Ibu Kristalina menyampaikan bahwa IMF akan membantu negara-negara yang sedang menghadapi krisis. Diharapkan pimpinan-pimpinan dari negara G20 akan mendukung langkah dari institusi-institusi yang memiliki kemampuan untuk membantu negara-negara yang sedang menghadapi krisis,” ujar Menkeu.

Menurut Menkeu, IMF menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa situasi inflasi yang melanda berbagai negara telah menyebabkan bank-bank sentral mengeluarkan kebijakan menaikan suku bunga.

Maka, kemungkinan berbagai negara miskin yang sekarang sudah dalam kondisi sangat rawan akan berada dalam kondisi yang makin sulit, terkena krisis pangan, dan terkena juga kemungkinan krisis keuangan.

“Seperti sekarang ini terjadi di berbagai negara Afrika dan Srilanka. Ini akan menjadi sangat penting karena jangan sampai kemudian kemampuan dunia internasional untuk mencegah krisis menjadi makin lemah dan menyebabkan risiko makin tinggi,” ujarnya.

“Presiden Jokowi  yang akan menjadi tuan rumah G20 nanti menjadi sangat-sangat penting untuk bisa memobilisasi dukungan semua leader G20 untuk bisa membantu terutama negara miskin,” lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga menyampaikan harapannya agar negara-negara African Union bisa diundang di G20 karena selama ini tidak pernah memasukkan negara-negara tersebut di dalam pembahasannya secara permanen. Karena itu, pada presidensi Indonesia ini, Presiden Jokowi berinisiatif untuk mengundang African Union dan diharapkan bisa menjadi keputusan permanen G20.

“Kita bisa membahas masalah dunia secara lebih lengkap karena suara dari negara-negara terutama dari Afrika yang sekarang sedang menghadapi banyak sekali kesulitan pangan, kesulitan dari sisi ekonomi, dan juga keuangan menjadi sangat penting, tandasnya. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo