TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menpora Pastikan Liga 1 Digelar 23 Juli

Laporan: AY
Rabu, 20 Juli 2022 | 06:55 WIB
Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers terkait kompetisi Liga 1. Foto : Istimewa
Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers terkait kompetisi Liga 1. Foto : Istimewa

JAKARTA - Menpora Zainudin Amali memastikan kompetisi Liga 1 akan dimulai 23 Juli 2022. Semua persiapan gelaran sepakbola tertinggi di Indonesia itu sudah dikoordinasikan melalui Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Polri, Satgas Covid-19, PSSI, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).


“Rakor menyimpulkan kompetisi musim 2022/2023 sudah bisa dimulai sesuai perencanaan yang sudah disiapkan. Apalagi kita akan mulai kompetisi dengan menghadirkan penonton,” sambung Menpora Amali dalam rapat koordinasi persiapan Liga 1 di Kemenpora, Selasa (19/7).


“Polri nanti akan mengeluarkan izin keramaian. Tentu kita berharap pelaksanaan akan berjalan dengan sesuai harapan,” jelas Zainudin Amali


Hadir dalam kesempatan ini jajaran pejabat di lingkungan Kemenpora, Plt Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes endang Budi Hastuti, Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati, serta Kabag Jianling Biro Jianstra Sops Polri Kombes Umar Surya Fana.

“Jadi dari Polri akan mendukung pelaksanaan kegiatan ini baik dari sisi perizinan, maupun masalah pengamanan. Untuk jumlah komponen (personel) nanti akan disesuaikan (dengan daerah) masing-masing,”ujar wakil Polri, Umar Surya Fana.

Dia juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi secara daring dengan semua Kapolres tempat pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 terkait pengamanan kegoiatan tersebut.


“Pada prinsipnya kita siap untuk mengamankan acara ini, bekerja sama dengan instansi terkait yang telibat di dalamnya,” jelasnya.

Dukungan serupa juga disampaikan Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati mengatakan pihaknya siap mendukung kegiatan ini.


“Saya rasa Liga 1 ini ditunggu, kami dari Satgas (covid-19) dan BNPB mendukung kegiatan ini, tentunya dengan persyaratan yang telah ditetapkan dengan surat edaran nomor 20/2022,” katanya.


Namun demikian, dia mengingatkan bahwa untuk kegiatan yang sifatnya masif dan dihadiri lebih dari 1.000 orang harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

“Kami akan melakukan koordinasi terutama dengan daerah, kesiapan daerah, dari BPBD, Dinas Kesehatan tentunya dengan kepanitiaan bagaimana protokol kesehatan tetap harus dilakukan termasuk screening, scaning, protokol kesehatan yang dilakukan termasuk kegiatan yang melibatkan penonton,” jelasnya. 


Demikian juga dari Kementerian Kesehatan, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Endang Budi Hastuti yang mengatakan mendukung kegiatan ini.

Namun, karena adanya kenaikan kasus positif covid-19, maka pihaknya berharap aturan dan surat edaran terkait protokol kesehatan ditaati dan dijalankan untuk menghindari terjadinya lonjakan kasus covid-19.


“Kami sangat berharap pelaksanaan liga sepak bola ini dapat berjalan dengan aman dan sukses. Dan kita tidak terjadi peningkatan kasus selanjutnya. Dan kami juga akan berkoordinasi dengan daerah dan dinas kesehatan dan juga lintas sektor lainnya di daerah agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,” paparnya. (WUR/AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo