TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bertemu PM Dan Kaisar Jepang, Jokowi Betul-betul Dimuliakan

Oleh: AD/AY
Kamis, 28 Juli 2022 | 08:41 WIB
Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana bertemu Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako. (Dok. Seskab)
Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana bertemu Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako. (Dok. Seskab)

JEPANG - Usai bertemu Presiden China Xi Jinping, Presiden Jokowi melanjutkan lawatannya ke Jepang. Dalam sehari, mantan Walikota Solo itu bertemu langsung dua tokoh penting di Jepang, Perdana Menteri Khisida Fumio dan Kaisar Naruhito. Dari penyambutan dan agenda yang dijalani, Jokowi benar-benar dimuliakan.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Beijing, pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Jokowi bersama rombongan, tiba di Bandara Haneda, Tokyo sekitar pukul 1 dini hari. Turun dari pesawat, Jokowi dan Ibu Iriana disambut Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Miyake Shingo, dan Dubes Jepang untuk RI Kanasugi Kenji dan Ibu Kanasugi Yasuko. Dari bandara, Jokowi lalu melesat menuju hotel di Tokyo untuk menginap.

Kegiatan Jokowi di Jepang, cukup padat. Pagi-pagi, Jokowi dan rombongan sudah keluar hotel tempat menginap, berangkat menuju kantor PM Jepang. Tiba di lokasi, Jokowi langsung disambut PM Kishida yang sudah menunggu di halaman depan kantornya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu, lalu diajak menuju lobi untuk mengikuti upacara penyambutan. Acaranya resmi sekali. Di sini, Jokowi dan Kishida berdiri di mimbar kehormatan dengan latar bendera Merah Putih dan Hinomaru. Di depan Jokowi berbaris pasukan militer yang mengenakan seragam putih-putih dilengkapi dengan senapan. Mereka berdiri dalam sikap sempurna. Barisannya rapi.

Acara penyambutan dimulai dengan memperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara yang dimainkan kelompok marching band. Kishida lalu mempersilakan Jokowi memeriksa barisan kehormatan. Jokowi berjalan di depan diikuti Kishida. Di depan pasukan, Jokowi lalu membungkukkan badan memberikan hormat. Acara dilanjutkan perkenalan delegasi masing-masing negara. Setelah itu, Jokowi dan Kishida memasuki ruang rapat untuk melakukan pertemuan bilateral.

Di ruang rapat, Kishida kembali memberikan sambutan hangat. “Selamat datang di Jepang, saya sangat mengapresiasi kedatangan Presiden Jokowi sebagai ketua G20. Terima kasih juga atas sambutan hangatnya saat saya ke Indonesia akhir April lalu,” kata Kishida.

Jokowi membalas dengan mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang hangat. Kepala negara juga menyampaikan belasungkawanya atas meninggalnya mantan PM Shinzo Abe. Setelah itu, Jokowi menyampaikan terima kasih atas dukungan Jepang terhadap Presidensi Indonesia di G20.

"Saya berharap PM Kishida hadir dalam KTT G20 nanti di Bali, di bulan November,” ucap Jokowi.

Setelah pertemuan bilateral usai, kedua pemimpin kemudian menuju ke Big Hall, Kantor PM Jepang untuk memberikan pernyataan pers bersama. Kepada wartawan, Jokowi mengatakan kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan dan investasi.

Di sektor perdagangan, Jokowi mengaku meminta agar Jepang dapat memberikan dukungan penurunan tarif untuk beberapa produk asal Indonesia. Antara lain ikan tuna, pisang, dan nanas serta akses pasar untuk produk mangga. Di bidang investasi, Jokowi menyambut baik sejumlah investasi baru Jepang di Indonesia, dan menghargai proyek-proyek yang diselesaikan tepat waktu, dan juga mengundang investasi baru Jepang lainnya di berbagai bidang.

Jokowi juga mendorong dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi baru Jepang untuk mendukung beberapa proyek strategis, terutama untuk hilirisasi komoditas alam, pengembangan mobil dan motor listrik, serta sektor kesehatan dan pangan. Terakhir, Jokowi menyampaikan penghargaan atas dukungan Jepang terhadap Presidensi Indonesia di G20.

Jokowi berjanji akan terus berkoordinasi dalam merumuskan agenda prioritas keketuaan agar lebih memberikan kontribusi terhadap perdamaian dan kesejahteraan di negara kawasan dan dunia.

"Terima kasih Perdana Menteri Kishida, sampai berjumpa di KTT G20 di Bali,” ucapnya.

Sementara itu, Kishida menyampaikan, Indonesia merupakan mitra strategis Jepang. Sejak kunjungannya ke Indonesia pada akhir April lalu, Kishida mengaku senang dapat kembali bertemu untuk bertukar pandangan secara terbuka.

“Kami akan menjadikan kunjungan Presiden Joko Widodo hari ini sebagai momentum untuk mempererat hubungan dengan Indonesia, mengingat kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” ucap Kishida.

Sorenya, Jokowi melanjutkan agenda dengan melakukan kunjungan kehormatan kepada Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kekaisaran Jepang, Tokyo. Turun dari mobil, Jokowi dan Ibu Iriana disambut oleh Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di teras rumahnya.

“Selamat datang, saya senang sekali dapat bertemu kembali dengan Bapak Jokowi,” ucap Kaisar Naruhito. "Yang Mulia terima kasih atas penyambutannya,” jawab Jokowi.

Setelah disambut di teras depan, Jokowi dan Ibu Iriana kemudian masuk ke dalam ruang audiensi dan melakukan pertemuan.

Setelah melakukan pertemuan sekitar 30 menit, Jokowi dan Ibu Iriana berpamitan dan meninggalkan kediaman Kaisar. "Saya tunggu kunjungannya di Indonesia, Yang Mulia,” ucap Jokowi. "Terima kasih, saya mendoakan kebahagiaan dan kesuksesan Bapak Presiden,” kata Naruhito.

Agenda Jokowi di Jepang ditutup dengan menemui CEO perusahaan Jepang di Imperial Hotel, Tokyo. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengungkapkan, Jepang merupakan salah satu investor terbesar di Indonesia dengan karakter investasi yang berkualitas.

“Saya sangat menghargai kualitas investasi Jepang. Namun, saya juga berharap investor Jepang mempertimbangkan competitiveness-nya. Sehingga dapat bersaing dengan investor lain di Indonesia,” ujar Presiden. “In short, kualitas baik, harga bersaing, itulah yang kita harapkan," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan Indonesia merupakan salah satu tempat investasi terbaik. Politik domestik sangat stabil, pertumbuhan ekonomi juga cukup baik pascapandemi.

Kepada para CEO, Jokowi pun meminta agar mereka bisa menghubungi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia jika mengalami kendala dalam berinvestasi di Indonesia.

“Para CEO silakan minta nomor HP-nya Menteri Investasi, ini penting. Jika ada masalah bisa langsung berhubungan dengan Menteri Investasi. Jika tidak bisa selesai di Menteri Investasi, silakan hubungi saya,” tandasnya.

Malam harinya, Jokowi dan rombongan terbang meninggalkan Jepang untuk melanjutkan kunjungan ke Korea Selatan. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam, Jokowi tiba di Seoul Air Base Seongnam pada pukul 20.17. Jokowi dan Ibu Negara beserta rombongan, kemudian menuju hotel tempatnya bermalam untuk melanjutkan kegiatan pada hari ini.

Ada sejumlah menteri yang ikut menemani Jokowi dalam melakukan kunjungan ke 3 negara di Asia Timur. Yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Guru Besar Hukum Internasional UI, Hikmahanto Juwana mengatakan, ada sejumlah hal penting dalam kunjungan Jokowi ke Jepang ini. "Penekanan ada pada sektor ekonomi dan investasi," kata Hikmahanto, kemarin.

Selain itu, pertemuan ini penting karena Jokowi bisa melakukan pembahasan secara informal proposal Indonesia sebagai terobosan perekonomian dunia yang akan dibahas secara formal di KTT G20 bulan Nopember di Bali.

Hal senada disampaikan pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah. Kata dia, ketiga negara yang dikunjungi Jokowi yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan memiliki nilai strategis bagi Indonesia. Ketiga negara ikut membantu penanganan pandemi, dan tetap menjadikan Indonesia sebagai tempat investasi.

"Jadi masing-masing negara memiliki rasa hormat1 tersendiri," kata Teuku, kemarin. (rm.id)

Anies Baswedan dan para buruh di halaman Kantor Gubernur DKI. (Ist)
Pos Sebelumnya:
Gubernur Anies Dipuji Buruh
Pos Berikutnya:
Maming Si Buronan KPK
Jubir KPK Ali Fikri. (Ist)
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo