TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Piala Dunia U-17

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Ingatkan Komitmen Perdamaian Dalam Pertemuan Dengan Menhan Amerika

Oleh: Fathan
Kamis, 16 November 2023 | 09:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menekankan komitmen perdamaian di pertemuan para Menhan ASEAN dengan Amerika Serikat (AS).

Pertemuan tersebut merupakan rangkaian dari perhelatan the 17th ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Informal Meeting, di mana tahun ini Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Dalam pertemuan ini, Amerika Serikat, mengutus langsung Menhan Llyod J. Austin III hadir dalam acara yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) ini.

Prabowo menyebut pertemuan kali ini sebagai salah satu bentuk komitmen dari kemitraan strategis yang telah terjalin di antara negara-negara ASEAN dengan AS.

"Kemitraan yang dibangun dengan kepercayaan, nilai-nilai bersama, dan komitmen terhadap perdamaian, keamanan, serta kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik," jelas Prabowo, Rabu (15/11). 

Ia kemudian mengingatkan bagaimana setiap negara juga memiliki kewajiban untuk memastikan terciptanya stabilitas keamanan di kawasan serta menghormati kepentingan nasional masing-masing.

"Pertemuan hari ini di antara ASEAN dan AS merepresentasikan kesempatan berharga untuk meningkatkan kerja sama serta pemahaman bersama terkait lanskap keamanan yang tengah berkembang saat ini di kawasan," ungkap Prabowo.

Tantangan yang dihadapi saat ini, sebutnya begitu beragam dan kompleks. Mulai dari ancaman tradisional sampai ancaman nontradisional yang tengah berkembang, seperti ancaman siber; kejahatan transnasional; serta krisis kemanusiaan.

Untuk merespons sejumlah tantangan itu, menurut Prabowo, ASEAN dan mitra dialognya, termasuk AS, harus terus bekerja sama dan mempromosikan terciptanya perdamaian dan keamanan di kawasan.

"Ini menjadi kesempatan untuk menjajaki potensi kerja sama di bidang lainnya, yang sekaligus bisa meningkatkan kapasitas negara-negara ASEAN dalam menghadapi ancaman yang berkembang di kawasan Indo-Pasifik," pungkas Prabowo.

Komentar:
Bawaslu
Pondok Aren
Perkim
ePaper Edisi 08 Desember 2023
Berita Populer
01
Sederet Fakta Kasus Alung Bunuh Wulan

Nasional | 2 hari yang lalu

02
Hasil Liga Basket NBA

Olahraga | 1 hari yang lalu

05
Perumahan Reni Pamulang Dilanda Banjir

Galeri | 2 hari yang lalu

08
SDN Setu Gelar Market Day dan Pameran Karya Siswa

TangselCity | 1 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo