TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Para Pendukung Merasa Nomor Urut Capres Mereka Paling Keren

Andreas Hugo Pareira: Maknanya Mengawal Persatuan Indonesia

Laporan: AY
Kamis, 16 November 2023 | 11:42 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Pengundian nomor urut Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, sudah dilakukan. Tiga Paslon terlihat gembira mendapatkan nomor urutnya. 

Pasangan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut satu. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut dua. Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan nomor urut tiga. 

Hal itu berdasarkan hasil pengundian yang dilakukan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa malam (14/11).

Para Capres-Cawapres mengambil sendiri undian nomor urut masing-masing, dengan giliran kesempatan berdasarkan urutan pendaftaran ke KPU pada 19-25 Oktober 2023. 

Saat membuka nomor urut, wajah para Paslon terlihat senang. Mereka mengangkat tangan dengan jari menunjukkan angka sesuai nomor urutnya. 

Para pendukung Capres-Cawapres pun bersemangat, meneriakkan yel-yel mereka. Saling bersahut-sahutan. Suasana di Gedung KPU malam itu pun seru. Meski tak seseru saat pendaftaran Capres-Cawapres.

Di mata pendukung Capres-Cawapres, nomor urut yang didapatkan jagoan mereka, paling keren.

Wakil Sekretaris Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Maman Imanulhaq sebagai politisi pengusung Anies-Muhaimin (AMIN) merespons baik. Menurut dia, nomor urut satu, indikasi kemenangan AMIN. 

Ketua Umum Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer optimis, nomor urut dua yang didapat Prabowo-Gibran pun pertanda positif. Menurutnya, nomor urut dua, bisa diartikan sebagai victory atau kemenangan. 

Menurut Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira, nomor urut tiga bagi PDIP, merupakan nomor yang mempunyai dimensi kesejarahan.

Karena, saat Orde Baru, PDI nomor urut tiga. Saat ini pun PDIP nomor urut tiga. Sehingga, ini cocok dengan nomor urut Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai Capres-Cawapres yang diusung PDIP pada Pilpres 2024.

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Andreas Hugo Pareira.

Paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD dapat nomor urut tiga. Bagaimana Anda memaknai nomor urut ini?

Sesuai sila ketiga Pancasila, "Persatuan Indonesia". Pesan nomor urut 3 adalah, Ganjar-Mahfud mengawal persatuan Indonesia. 

Apakah ada makna lain angka 3 yang didapat pasangan Ganjar-Mahfud?

Dari nomor urut ini, mari kita melaksanakan Pemilu secara langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber). Serta, jujur dan adil (Jurdil), untuk membangun demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila. 

Apa saran Anda untuk semua pihak yang bersaing dalam Pilpres?

Hindarilah drama yang bertentangan dengan konstitusi. Untuk mencegah drama-drama di luar agenda Pemilu yang konstitusional, perlu pengawasan ketat oleh lembaga pengawasan Pemilu, media, civil society dan seluruh rakyat. Jangan biarkan ada celah pelanggaran Pemilu.

Seperti apa potensi pelanggaran Pemilu 2024?

Bukan potensi lagi, tapi sudah ada indikasi. 

Apa indikasinya?

Terutama menyangkut ketidak netralan oknum aparatur negara atau daerah. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo