TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Nama Whoosh Beken Hingga LN, Rekor Penumpang 21 Ribu Per Hari

Laporan: AY
Minggu, 19 November 2023 | 19:51 WIB
Menhub Budi Karya saat berbincang dengan penumpang Whoosh di Stasiun Halim. Foto : Ist
Menhub Budi Karya saat berbincang dengan penumpang Whoosh di Stasiun Halim. Foto : Ist

JAKARTA - Sebulan setelah beroperasi komersial, Kereta Cepat Whoosh mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat. Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), pergerakan penumpang tertinggi mencapai 21 ribu orang dalam sehari. Nama Whoosh juga beken hingga luar negeri.

Sejak dioperasikan resmi pada 2 Oktober 2023, Whoosh sudah melayani 400 ribu penumpang, dengan tingkat okupansi melebihi 95 persen.

Tingginya antusiasme ini disambut dengan baik oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat meninjau Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta, Minggu (19/11/2023).

Menhub menyapa dan berbincang langsung dengan masyarakat pengguna Whoosh. Masyarakat mengaku puas dan bangga, dengan adanya kereta cepat ini.

“Hari ini saya ingin jalan-jalan ke Whoosh, ternyata penuh sekali. Pergerakannya sudah 36 kali. Ada 18 yang ke Bandung dan 18 ke Jakarta," kata Menhub.

Yang lebih menggembirakan, yang tadinya naik mobil ke Bandung atau Jakarta, pindah naik Whoosh. Inilah tujuan Presiden Jokowi menjadikan Whoosh sebagai kereta api massal,” imbuhnya.

Menhub menyebut, banyak masyarakat yang menjadikan Whoosh sebagai tujuan wisata. Banyak masyarakat Bandung, yang sengaja ingin merasakan naik Whoosh.

"Begitu tiba di Jakarta, mereka langsung menjajal LRT yang terkoneksi dengan Whoosh. Lalu, mereka wisata kuliner dan kembali ke Bandung pada hari yang sama, " papar Menhub.

Beken Di Luar Negeri

Menhub mengungkap, ada warga dari Malaysia yang juga antusias menjajal Whoosh.

"Mereka mendarat di Kertajati. Lalu menginap semalam di Bandung, naik Whoosh ke Jakarta, kemudian kembali ke Malaysia. Ini sangat luar biasa,” beber Menhub.

Jenama Whoosh, kata Menhub, sudah dikenal hingga luar negeri. Saat kunjungan kerja ke Malaysia, Menhub banyak ditanya warga setempat soal Whoosh.

“Ketika kemarin saya ke Malaysia, mereka tidak bilang kereta cepat. Mereka bilang, Whoosh-nya bagaimana? Jadi, brand Whoosh itu sudah diketahui banyak orang hingga ke luar negeri," ujarnya Menhub, yang dalam kesempatan ini didampingi Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo