TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Benyamin Ungkap Capaian Kinerja, Zarkasih Noor Minta Warga Jangan Terpecah

Paripurna Istimewa HUT Ke-15 Kota Tangsel

Oleh: dra/yul
Senin, 27 November 2023 | 07:15 WIB
Ist.
Ist.

SETU - DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kota Tangsel di Gedung DPRD Kota Tangsel, Setu, Minggu (26/11). Dalam paripurna itu hadir berbagai elemen masyarakat, pejabat serta tokoh-tokoh pendiri Kota Tangsel.

 Sidang Paripurna Istimewa dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tangsel Abdul Rasyid, didampingi Wakil Ketua I DPRD Tangsel Iwan Rahayu dan Wakil Ketua III DPRD Tangsel Mustopa.

 Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie menyampaikan apa-apa saja yang telah dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel atau capaian Kota Tangsel selama ini. Beberapa capaian yang telah diraih oleh Kota Tangsel tidak terlepas dari peran seluruh stakeholder dalam semangat membangun Kota Tangsel.

 Ia melanjutkan, dalam konteks perekonomian, indikator laju pertumbuhan ekonomi Kota Tangsel tercatat terus mengalami peningkatan, dimana angka pada triwulan II Tahun 2023 tercatat sebesar 5.82%.

 Menurutnya, peningkatan laju pertumbuhan ekonomi berdasarkan investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sampai dengan Triwulan III telah mencapai Rp 5,97 Triliun. Hal itu meningkat signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang angkanya mencapai Rp 4,65 Triliun.

 Sementara, untuk bidang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) pada tahun 2022 terjadi kenaikan angka Indeks menjadi 81,95 dari yang sebelumnya di angka 81,60 pada tahun 2021.

 "Capaian tersebut didukung oleh meningkatnya angka rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, Angka Harapan Hidup dan pendapatan per kapita per tahun," terangnya.

 Dalam konteks Ketenagakerjaan, Tingkat Pengangguran Terbuka di tahun 2023 tercatat pada angka 5,81% atau menurun 0,78% dari Tahun 2022 yang di angka 6,59%.

 "Terhadap capaian ini Kami akan terus tingkatkan sehingga rasio penduduk yang bekerja dapat mencapai angka diatas 95%," ungkap Benyamin.

 Tokoh masyarakat juga tokoh pendiri Kota Tangsel, KH Zarkasih Noor dalam kesempatan itu berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan di Kota Tangsel.

 “Selama 15 tahun kota ini beridiri, Alhamdulillah kit aselalu hidup rukun dan aman. Maka dari itu di tahun politik ini, saya kembali mengingatka, agar kita semua tetap menjaga persaudaraan ini, menjaga keragaman ini, jangan sampai terpecah,” ungkapnya.

 Zarkasih juga menilai, hingga saat ini, apa yang telah dikerjakan oleh Pemkot Tangsel, sudah sangat baik. “Namun, tentu momen peringatan HUT ke-15 ini tidak sekedar momen mengapresiasi capaian yang telah dilakukan, juga menjadi momen untuk mengevaluasi diri,” ujarnya.

 “Kita perbaiki apa-apa saja yang kurang, dan terus kita tingkatkan lagi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan kota yang kita cintai ini,” terangnya.

 Sedangkan, Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid mengatakan, sidang paripurna saat ini bukan hanya sekadar seremonial memperingati HUT ke-15 Kota Tangsel. Melainkan momentum untuk melakukan introspeksi agar Kota Tangsel dapat kembali melangkah lebih baik dalam tahun-tahuh mendatang.

 "Namun juga momentum bersama untuk memajukan Kota Tangerang Selatan yang menjadi tangung jawab kita dengan menjaga harmoni kolaborasi di berbagai sektor kehidupan," kata politisi Golkar yang akrab disapa Ocil ini.

 Kendati demikian, lanjut Ocil, perkembangan Kota Tangsel harus selaras dengan menjaga identitas budaya dan adat istiadat yang ada di Kota Tangsel.

 "Selaras harmoni dalam berkolaborasi diantara pemangku kepentingan, tokoh masyarakat dan seluruh komponen di Kota Tangerang Selatan di bidang pendidikan lingkungan, kesehatan, politik, ekonomi sosial dan budaya sangat berperan penting dalam menciptakan kondisi kota Tangsel yang aman nyaman dan sejahtera," pungkasnya. (dra).

Pj Gubernur Banten Ajak Optimalkan Pelayanan Masyarakat

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menuturkan modal dasar dari pembangunan yaitu menjaga stabilitas daerah melalui pelayanan kepada masyarakat.  HUT ke-15 Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diharapkan menjadi momentum kebersamaan semua pihak untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 “Saya ucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-15 Kota Tangsel. Dari sini mari kita tingkatkan kolaborasi dan kerja sama. Sehingga apa yang telah kita capai mampu kita optimalkan demi memberikan pelayanan yang optimal pada masyarakat," ungkap Al Muktabar usai menghadiri Rapat Paripurna HUT ke-15 Kota Tangerang Selatan di Gedung DPRD Kota Tangsel.

 Al Muktabar mengungkapkan, Kota Tangsel telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Juga.mampu menyeimbangkan antara perencanaan dan pertanggungjawaban.

 “Dengan begitu, pelayanan kepada masyarakat mampu dilaksanakan oleh seluruh pihak demi mencapai tujuan pelayanan yang sama yang nantinya kita akan selalu berpikir positif atas apa yang kita lakukan,” ungkapnya.

 Al Muktabar menambahkan, pada dasarnya pemerintah memiliki dua tugas utama, yakni mengatur dan melayani.  Dengan begitu, Pemerintah Kota Tangsel dapat berinovasi dalam tata kelola pemerintahan.

 “Tugas melayani ini yang sepanjang waktu harus kita berikan kepada masyarakat. Saling mendukung antar Kepala Daerah akan memperlihatkan kinerja secara utuh dalam laju pembangunan daerah dan masyarakat,” jelasnya

 Al Muktabar juga mengapresiasi Pemerintah Kota Tangsel yang terus berupaya meningkatkan kemandirian dalam hal tata kelola pelayanan publik. Dimana APBD Kota Tangsel difokuskan pada pembangunan, pemerintahan, dan kemasyarakatan.

 “Dan secara umum di Kota Tangsel terjadi  harmoni yang baik. Pada saat kita mengevaluasi APBD nya proses perencanaan dan pertanggungjawaban terurai dengan baik dan memadai,” ungkapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo