TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Soal Ndasmu Etik, Prabowo: Orang Banyumas Kan Biasa Bicara-Bicara Seperti Itu

Oleh: Farhan
Minggu, 17 Desember 2023 | 18:44 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Capres 02 Prabowo Subianto angkat bicara soal ungkapan "ndasmu (kepalamu - Jawa, Red) etik", yang belakangan ini viral.

Menurutnya, ungkapan yang dilontarkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gerindra 2023 di JI Expo Kemayoran Jakarta, Minggu (17/12/2023) itu hanya sebatas candaan dalam internal keluarga Partai Gerindra. Atau dalam pertemuan tertutup.

Itu kan di dalam keluarga ya kan. Tapi  biasa, orang Indonesia cari-cari. Mau dibesar-besarkan. Orang Banyumas kan biasa bicara-bicara seperti itu,” kata Prabowo di sela kegiatan kampanyenya di Blitar, Jawa Timur, seperti dikutip ANTARA, Minggu (17/12/2023). 

"Nggak usah dibesar-besarkan,” imbuhnya.

Ungkapan "ndasmu etik" disampaikan Prabowo dalam Rakornas Partai Gerindra 2023. Ketika itu, dia berkelakar mengenai pertanyaan capres 01 Anies yang ditujukan kepadanya, dalam acara Debat Capres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

“Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik? Etik, etik, etik. Ndasmu etik,” kata Prabowo di hadapan para kader partai, yang disambut tepuk tangan dan gelak tawa peserta rapat.

Etik yang dimaksud Anies, terkait putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang menyebut sembilan Hakim MK telah melakukan pelanggaran etik dalam putusan tentang batas usia minimal capres cawapres.

Prabowo pun menjawab, putusan MK terkait batas usia minimal capres-cawapres bersifat final dan mengikat. Karena itu, keputusannya menggandeng Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden, tidak melanggar hukum.

“Jadi tim saya, para pakar hukum yang mendampingi saya menyampaikan, dari segi hukum tidak ada masalah. Masalah yang dianggap pelanggaran etika, sudah diambil tindakan dan keputusan waktu itu, oleh pihak yang diberi wewenang," jelas Prabowo dalam sesi Debat Capres itu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo