TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pendukungnya Ganjar-Mahfud Melebar Hingga 5 Benua

Oleh: Farhan
Rabu, 20 Desember 2023 | 09:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD terus melebar hingga ke lima benua di dunia.

Para diaspora Indonesia pen­dukung pasangan calon nomor urut 3 di berbagai belahan dunia belum lama ini menggelar kon­solidasi akbar Marathon World for Ganjar-Mahfud sepanjang Desember ini.

Sebenarnya, pasukan Ganjar-Mahfud dunia ini sudah bergerak sejak Mei 2023. Mereka meng­gelar acara bertajuk Warung D3mokrasi di setiap negara. Khususnya, di Amerika dan Eropa. Warung D3mokrasi ini menjadi ajang kumpul-kumpul, berdiskusi dan kulineran bersama.

“Gerakan ini akan diseleng­garakan sepanjang Desember 2023 serentak bersama pendu­kung Ganjar-Mahfud di lima benua di seluruh dunia,” ungkap Lia Sundah Suntoso selaku Ketua TPLN Amerika Serikat dan inisiator World for Ganjar-Mahfud dalam keterangannya yang diterima Redaksi Selasa (19/12/2023).

Gerakan Lima Benua melalui wadah World for Ganjar-Mah­fud telah marathon digelar usai kampanye serentak di 12 kota di Amerika Serikat sejak Mei lalu. Terjadi perubahan nama setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Dari tadinya Warung Mas Ganjar menjadi Warung D3mokrasi.

“Kenapa warung? Karena ini sesuai dengan kebiasaan Mas Ganjar. Yang biasa makan pagi di warung. Kita tambahkan ta­gline bersih, sehat, sederhana, merakyat. Sebab Ganjar-Mahfud representasi pemimpin yang bukan hanya merakyat untuk gimmick,” paparnya.

Untuk diketahui, dari Benua Afrika, diaspora Indonesia di Mesir yang mayoritas maha­siswa Universitas Al-Azhar Kai­ro, menggelar diskusi politik dan peresmian Warung D3mokrasi, Jumat (15/12/2023).

“Ganjar dan Mahfud ini paket lengkap, pernah di legislatif, eksekutif, bahkan Mahfud per­nah di Yudikatif. Mahasiswa Indonesia di Timur Tengah dan Afrika, atau di Mesir tidak ragu menentukan dukungan pada Ganjar yang sat set dan Mahfud yang tas tes,” tutur Syadzila Rizqy Al-Anhar, Mahasiswa Indonesia di Mesir.

Warung D3mokrasi juga di­gelar di Tunis, Tunisia. Nata Sutisna, Ketua Umum Afrika for Ganjar-Mahfud menuturkan, melalui Warung D3mokrasi, dia ingin membangun kesadaran bersama.

“Kami diaspora Indonesia di luar negeri akan merasa tenang bila dipimpin Mas Ganjar dan Pak Mahfud. Mereka berdua so­sok yang berproses serta ditempa dari bawah. Memilih nomor tiga untuk menaikkan kelas de­mokrasi Indonesia,” dukungnya.

Dari Benua Amerika, tepatnya di Pleasant Valley, New York, diaspora Indonesia menggelar diskusi dan bedah buku dengan para pengamat belum lama ini.

Untuk diskusi diambil judul: Membongkar Pikiran Ganjar karya Hamid Basyaib yang telah diterbitkan dalam bahasa Inggris dan dikaji di Yale University beberapa waktu lalu. Diskusi ini juga pertama kali digelar di Lembah Hudson di New York.

Charles Berghorn, konsultan senior yang hadir dalam Wa­rung D3mokrasi di New York ini prihatin atas tergerusnya penerapan konstitusi di Indo­nesia. Dia membandingkannya dengan di AS.

“Di Amerika Serikat, kon­stitusi adalah dasar segalanya dan pertahanan terpenting,” tuturnya.

Masih di Benua Amerika, te­patnya di Santa Fe, New Mexico AS juga digelar deklarasi du­kungan untuk Ganjar-Mahfud. Deklarasi juga digelar pertama kali di Pittsburgh, Pennsylvania, dan dihadiri 50-an diaspora.

Warung D3mokrasi telah dan akan digelar di 35 titik di seluruh dunia. Sudah ada 35 titik yang terkonfirmasi baik Asia, Aus­tralia, Eropa, Amerika, Afrika, dan jumlahnya terus bertambah.

Solo, Jawa Tengah, kegiat­an Warung D3mokrasi digelar dengan program unik. Yakni pembagian barang pecah belah serta panci untuk memasak bagi 80-an warung.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo