TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Wapres Kiai Ma'ruf Amin Marah

RS Indonesia Di Gaza Jadi Markas Israel

Laporan: AY
Minggu, 24 Desember 2023 | 07:51 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

GAZA - Sudah dua pekan Rumah Sakit (RS) Indonesia yang ada di Gaza, Palestina dikuasai pasukan Israel. Mengetahui hal tersebut, Wapres Kiai Ma’ruf Amin menyampaikan kemarahan dan melayangkan protes. Warganet mendukung protes Wapres.

Kiai Ma’ruf menilai, tindakan Israel itu sudah kelewatan. “Saya kira itu tidak punya etik lah. Rumah sakit kok dikuasai,” kata Kiai Ma’ruf usai pelantikan dan rapat ISNU di Gor Unesa, Sabtu (23/12/2023).

Ma’ruf mengatakan, RS seharusnya menjadi tempat untuk melayani pasien atau korban dari peperangan ini. Bukan dirampas dan dijadikan sebagai markas militer Israel.”Ini sudah melanggar aturan,” tegasnya.

Mantan Ketum MUI ini mengatakan, pemerintah sudah melayangkan protes atas tindakan Israel tersebut. Pasalnya, gara-gara kelakuan tentara Israel itu, warga Palestina yang membutuhkan layanan kesehatan tidak bisa terlayani.

“Ya pemerintah sih sangat protes, tidak menyukai. Karena apa? Karena itu kan untuk fasilitas pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kabar RS Indonesia dikuasai militer Israel pertama kali disampaikan Kepala Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia, dr Sarbini Abdul Murad saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/12). MER-C adalah organisasi relawan kemanusiaan yang turut membantu pembangunan RS Indonesia di Gaza.

Kata Sarbini, sudah dua pekan militer Israel menempatkan pasukannya di RS Indonesia. Sebelumnya, Israel menuduh RS Indonesia menjadi markas Hamas. Dengan keji, pasukan Israel lantas Memborbardir RS Indonesia di Gaza hingga membuat banyak korban berjatuhan dan sejumlah bangunan rusak parah.

Nyatanya tuduhan tersebut tidak terbukti. Sebaliknya, RS yang dibangun dari sumbangan duit orang Indonesia itu, justru dipakai Israel sebagai markas militer untuk melancarkan agresi militer.

Sarbini mengatakan, pihaknya sudah melayangkan mengecam kecaman dan meminta kepada WHO agar mengusir tentara Israel dari RS Indonesia. Karena selama pendudukan itu, seluruh nakes, pasien dan warga yang ada di RS Indonesia sudah diusir tentara Israel.

Juru bicara Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan pihaknya sudah turut melayangkan protes. Karena alasan tersebut juga, Indonesia terus mendesak dilakukan gencatan senjata permanen di Gaza.

“Kami sudah sampaikan keprihatinan kita mengenai sistem kesehatan di Gaza dan ini juga disampaikan dalam pertemuannya dengan WHO di Jenewa yang lalu bahwa dari 35 rumah sakit itu saat ini hanya tinggal 12 yang aktif, yang bisa dioperasikan,” ucapnya.

Dia memaparkan, dari 12 rumah sakit yang masih beroperasi, ada yang kapasitasnya mencapai tiga kali lipat dari kapasitas maksimal. Selain itu, 71 persen fasilitas kesehatan di Gaza sudah tidak berfungsi lagi. Saat ini yang berfungsi hanya 29 persen, termasuk klinik, ambulans, dan sebagainya.

“Ibu Menlu pergi ke Jenewa salah satu prioritasnya adalah bertujuan untuk isu ini. Bahwa sistem kesehatan yang ada di Gaza itu sudah gagal sekarang itu untuk menghandle situasi kemanusiaan yang ada di Gaza,” kata Iqbal.

Iqbal menuturkan, RS di Gaza Utara sudah tidak ada yang aktif lagi. “Sekarang tinggal RS di Gaza Selatan. Itupun sudah menampung hampir dua sampai tiga kali lipat dari kapasitas terpasang,” kata Iqbal.

Di dunia maya, kelakuan tentara Israel menguasai RS Indonesia bikin warganet ikutan geram. Pemilik akun @ds_yantie mengatakan, tindakan Israel harus segera dihentikan. “Sudah keterlaluan memang orang-orang zionis itu,” ucapnya. “Wallahi, kami rakyat Indonesia tidak ikhlas RS kami dijadikan markas IDF,” timpal @Nuuurull.

Akun @winn149 berharap, Indonesia segera melayangkan protes kepada PBB dan WHO agar segera melakukan tindakan. “Perlu kepala negara mengambil langkah diplomat terhadap Israel dan pembicaraan dengan PBB. Sudah jelas fungsi rumah sakit adalah untuk kemanusiaan yang perlu pelayanan kesehatan,” kicaunya. “Harus tuntut balik....Fasilitas kesehatan bukan untuk Militer,” tegas @Nuryat781.

Akun @cacakdeik ikutan marah mengetahui tentara Israel berlindung di RS Indonesia. Kata dia, Israel nuduh Hamas pakai RS untuk markas. Ternyata justru Israel yang menggunakan RS untuk markas. “Kurang ajar memang Israel ini,” sebutnya.

Komentar:
Berita Lainnya
Ilustrasi
Ambisi Atas Pendudukan Wilayah
Sabtu, 02 Maret 2024
Dahlan Iskan
Terowongan Hasidic
Selasa, 16 Januari 2024
Dahlan Iskan
Hamas Shekel
Rabu, 10 Januari 2024
Dahlan Iskan
Gaza Rock
Selasa, 09 Januari 2024
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo