TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Debat Capres Kedua Minggu 7 Januari

Anies-Ganjar Dilatih Para  Jenderal, Prabowo Sangat Siap

Oleh: Farhan
Sabtu, 06 Januari 2024 | 09:14 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ketiga Capres melakukan sejumlah persiapan menghadapi debat Capres kedua yang akan digelar di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto mengaku, sudah sangat siap berlaga.  Sementara itu, Capres nomor urut 1 Anies Baswedan, dan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dilatih para jenderal. 
Debat Capres kedua mengambil tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri. 
Menurut Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Airlangga Hartarto, Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan sudah sangat menguasai materi debat tersebut. Ia pun optimis, Ketua Umum Partai Gerindra itu bisa menguasai panggung. 
"Kalau masalah pertahanan, geopolitik, internasional, Pak Prabowo sangat menguasai," ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/1/2024).
Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan, tim Prabowo-Gibran sangat percaya diri menghadapi debat. Kata dia, Prabowo akan tampil bertahan seperti biasa. "Selama ini kan nggak pernah nyerang, cuma kadang-kadang orang merasa diserang," tuturnya

Sementara Capres nomor urut 1, Anies Baswedan,  rajin melakukan komunikasi dengan Kapten Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN), M Syaugi Alaydrus. Syaugi adalah Mantan Kabasarnas, pensiunan Angkatan Udara berpangkat Marsekal Madya. 
Jubir Timnas Amin, Billy David mengatakan, Anies sebenarnya sudah siap menghadapi debat. Eks Gubernur DKI Jakarta ini tinggal mempertajam sejumlah isu berkaitan dengan pertahanan. Karena itu, kata dia, Syaugi Alaydrus membantu dan memberi masukan kepada Anies serta menambah wawasan seputar tema pertahanan dan militer. 

Billy mengungkapkan, Timnas Amin memiliki forum purnawirawan TNI yang dikomandoi oleh Mantan Kepala BIN Sutiyoso atau yang akrab disapa Bang Yos. Sutiyoso saat ini duduk sebagai Wakil Ketua Dewan Penasihat bagi Anies-Cak Imin. "Tentu mereka punya perspektif untuk memberikan masukan kepada Anies," ungkapnya. 
Billy menyebut, Anies sudah siap 100 persen menghadapi debat. Bahkan, Anies masih sempat menyapa pendukung yang ada di daerah. 

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku, mendapatkan masukan dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud untuk menghadapi debat capres kedua. Masukan itu pula disampaikan TPN dalam rapat rutin yang digelar tiap Rabu. Soal apa saja masukannya, Ganjar tak membeberkan. 

"Secara teknis persiapan debat kedua sudah dikerjakan dan  dipersiapkan oleh tim," kata Ganjar.
Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa meyakini, Ganjar sangat siap menghadapi debat nanti. Mantan Panglima TNI ini membenarkan sudah memberikan masukan pada Ganjar berkaitan pertahanan dan keamanan.
"Minggu lalu saya sudah memberikan masukan kepada tim yang mengumpulkan, menghimpun semua isu, dan kemudian melaporkan kepada Mas Ganjar,” ujar Andika.
Dia menambahkan, semua elemen dalam jajaran TPN Ganjar-Mahfud telah memberi masukan kepada Ganjar. Sebab itu, Andika juga percaya Ganjar sangat memahami materi debat nanti.

Mas Ganjar bilang sudah siap. Tapi, kita tetap memberikan masukan," ujarnya. 

Untuk diketahui, debat Capres kedua ini akan diselenggarakan di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024) lusa, pukul 19.00 WIB malam. Debat kali ini akan dipandu oleh moderator Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki. Sebanyak 11 pakar dari bidang-bidang terkait tema debat dipilih sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan.
Dalam debat ini, KPU memutuskan untuk menambah stasiun televisi penyelenggara. Awalnya, debat capres ini  hanya akan diselenggarakan oleh MNC Group (MNC TV, iNews TV, RCTI, dan GTV). 
Namun, status penyelenggara tunggal itu mendapatkan penolakan dari kubu nomor urut 1 dan 2. Alasannya, bos dari MNC Group yaitu Hary Tanoesoedibjo merupakan ketua umum Partai Perindo yang merupakan partai politik pendukung paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
Komisioner KPU, August Mellaz mengungkapkan, ada stasiun televisi lain yang akan menyiarkan debat ketiga nanti yaitu Garuda TV. August mengaku, KPU sebagai pelaksana pemilu terus melakukan koordinasi dengan perwakilan para paslon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024. Dengan begitu, setiap perselisihan bisa diambil jalan keluarnya.
"Kami sudah melakukan evaluasi dan juga pertemuan-pertemuan koordinasi baik antara KPU dengan tim paslon maupun KPU dengan media penyelenggara, dan KPU dengan paslon serta media penyelenggara," ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo