TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kubu 01-03 Semakin Mesra, Kubu 02 Tidak Gentar

Laporan: AY
Sabtu, 13 Januari 2024 | 08:18 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Kubu Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan kubu Capres-Cawapres 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, semakin mesra. Melihat hal ini, kubu Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, mengaku tak gentar.
Kubu 01 dan 03 seakan menjadikan 02 sebagai musuh bersama. Meski sama-sama sebagai peserta kontestasi Pilpres 2024, kubu 01 dan 03 terlihat akrab dan semakin mesra. Tim masing-masing terus menjalin komunikasi. Capres mereka, Anies dan Ganjar, juga terlihat kompak saat menyerang Prabowo saat Debat Capres, Minggu (7/1) lalu.
Kemesraan terbaru diperlihatkan saat Anies dan Muhaimin memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada PDIP pada 10 Januari kemarin. "Selamat HUT ke-51 PDI Perjuangan, 10 Januari 2024, dari Anies Rasyid Baswedan," tulis Anies dalam Instastory di Instagram @aniesbaswedan. Anies juga mengirim pesan ucapan langsung ke Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
Ganjar tampak senang dengan ucapan selamat dari Anies ini. "Mas Anies, terima kasih atas ucapan ulang tahunnya, kami senang. Mudah-mudahan ini bagian dari sebuah persahabatan," ucap Ganjar, saat bertemu para petani bawang merah dan kelompok tani di Desa Kertabesuki, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
Muhaimin juga mengucapkan selamat HUT ke PDIP. "Dirgahayu @PDI_Perjuangan. Turut bahagia dan bangga. Semoga senantiasa konsisten mengabdikan diri bagi tegaknya NKRI dan terwujudnya masyarakat adil makmur dan sejahtera," tulisnya, di akun X @cakiminNOW.

Ucapan Imin langsung dibalas Ganjar. "Suwun ucapan dan doanya, Cak. Kapan ngopi lagi? Eh burung lovebird-nya apa kabar?" balas Ganjar di akun X @ganjarpranowo.

"Selamat Mas @ganjarpranowo. Dirgahayu @PDI_Perjuangan. Merdeka.!!! Lovebird-nya terjaga dengan baik. Semoga segera bertelur," jawab Imin.
Selain itu, Anies juga tak sungkan melontarkan pujian terhadap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "PDIP adalah salah satu partai yang konsisten dalam menjaga demokrasi, dan Ibu Megawati penjaga demokrasi yang konsisten berani,” ujar Anies, di Samarinda, Kalimantan Selatan, Kamis (11/1/2024).

Melihat kemesraan, kubu 02 tidak gentar. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Mahfuz Sidiq, tak ambil pusing dengan kemesraan 01 dan 03.
"Persangkaan baik kami, mereka bertemu dan berkomunikasi memang tujuannya baik untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk memanaskan situasi," ucap Sekjen Partai Gelora ini.

Dia yakin, kemesraan 01 dan 03 bukan dalam bentuk persekongkolan. "Bagi kami tidak ada masalah, termasuk beredar informasi atau rumor bahwa sebelum debat kemarin ada juga pertemuan antara dua pasangan Calon Presiden. Saya kira sepanjang mereka punya niat baik, ya bagus-bagus aja," sambungnya.
Lantas, apa dasar kemesraan antara paslon 01 dan 03? Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyatakan, kemesraan itu terjadi karena kesamaan nasib. "Banyak kesamaan, makin banyak kesamaan antara 01 dan 03," ucap Jazil.

Sementara, Ketua DPP PDIP Puan menyatakan tidak bisa berandai-andai mengenai peluang Ganjar dan Anies bersatu jika Pilpres berlangsung dua putaran. Menurut Puan, partainya bakal melihat peta politik usai pencoblosan pada 14 Februari 2024.
"Insya Allah kita lihat saja gimana nanti ke depan ini. Yang penting semua bisa berjalan baik dan lancar," sebut Puan.
Sedangkan pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai, kemesraan hubungan 01 dan 03 memiliki dua makna. Pertama, untuk mengamankan kursi di Parlemen.

"Pemilu 2024 selain Pilpres, tentunya soal komposisi kekuatan Parlemen juga pasti diincar semua kekuatan politik," sebut Adi.
Kedua, untuk menyatukan kekuatan jika Pilpres berlangsung dua putaran. "Di Pilpres misalnya, andai ada dua putaran, kubu 01 dan 03 kalau menyatu akan menjadi kekuatan dahsyat," pungkas Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) itu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo