TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Debat Kedua Cawapres 21 Januari

Imin-Gibran-Mahfud Mulai Asah Kekuatan

Laporan: AY
Sabtu, 13 Januari 2024 | 08:42 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Tiga Cawapres: Muhaimin Iskan­dar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, siap-siap menghadapi debat Cawapres yang akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024. Ke­tiga Cawapres tersebut mulai men­gasah kekuatan dan memperkuat pertahanan agar tak kebobolan.
Debat Cawapres kedua ini mengangkat tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Dengan tema tersebut, ketiga Cawa­pres mesti pintar-pintar mengemas materi agar dilirik para pemilih.
Menghadapi debat tersebut, Jubir Timnas AMIN Billy David menyatakan, pihaknya tidak akan mengendurkan serangan. Muhaimin akan menerapkan strategi menyerang.

"Kami ingin menampilkan pe­mimpin yang berani menyampaikan gagasan, mengkritik, tetap dengan argumen, data, dan angka yang jelas," kata Billy, di Jakarta, Jumat (12/1/2024).
Kata Billy, pihaknya akan menggunakan strategi serangan lantaran hasil­nya jelas. Dalam debat Capres, Anies Baswedan mendapat sentimen positif, terutama di platform media sosial X.
Ketua Dewan Penasehat Timnas AMIN, Hamdan Zoelva menyampaikan hal serupa. Hamdan yakin Muhaimin akan tampil mengesankan. "Kami sudah persiapkan dengan matang ya," kata Hamdan.

Muhaikin mengaku siap meng­hadapi debat selanjutnya. Termasuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan singkatan dari lawan debatnya.
Ketum PKB ini pun mengaku telah menyiapkan pertanyaan singkatan jika dibutuhkan. "Kalau masih boleh ya, saya juga sudah siapkan singkatan," katanya, saat berziarah di Makam Bung Karno di Blitar, Kamis.

Ditempat terpisah, Gibran Rakabum­ing Raka juga mengaku siap mengha­dapi debat. "Sudah, sudah siap," kata Gibran di Balai Kota Solo, Kamis.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, membeberkan persiapan Gibran pada persiapan debat kedua Cawapres.
Menurut Rosan, Gibran turun lang­sung ke daerah dan banyak mendapat masukan dari berbagai pihak. Dengan begitu, kata dia, Gibran bakal men­guasai materi debat secara sempurna.
"Dengan masukan itu, pemahaman beliau di debat berikutnya menjadi semakin sempurna," kata Rosan, di Jakarta, Jumat (12/1/2024).

TKN Prabowo-Gibran, Bobby Gafur Umar, buka suara soal strategi Debat Cawapres selanjutnya. Bobby mengatakan, Gibran kemungkinan bakal kembali menggunakan singkatan pada saat debat. Namun singkatan yang dimaksud adalah yang bersifat umum.
Sementara itu, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Angela Tanoesoedibjo, yakin Mahfud akan tampil optimal dalam pelaksanaan debat keempat nanti. Terlebih, sudah banyak tim yang akan mendukung persiapan dari Mahfud.
"Kami sangat optimis dan sudah banyak tim yang mendukung per­siapan debat besok," ujar Angela, di Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Angela menampik anggapan bah­wa isu yang akan diangkat dalam debat itu bukan bagian dari latar belakang Mahfud. Menurut dia, apa pun isu yang akan diangkat pasti berkaitan dengan konstruksi hukum.
"Saya rasa, konstruksi hukumnya harus betul-betul maksimal. Se­hingga implementasi di lapangan bisa maksimal juga," ucapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo