TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Presiden Jokowi Ajak Pengusaha Brunei Investasi Di IKN

Laporan: AY
Senin, 15 Januari 2024 | 08:39 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

BRUNEI - Setelah dari Vietnam, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kenegaraan ke Brunei Darussalam pada Sabtu (13/1/2024). Di negeri berjuluk petro dolar itu, Jokowi tak lelah promosi proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Kepada para pengusaha Brunei, Jokowi pamer sudah melakukan 13 kali groundbreaking di IKN.
Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang ditumpangi Jokowi tiba di Bandar Udara Brunei, Bandar Seri Begawan pada Sabtu (13/1/2024) pagi. Dari sana, Jokowi langsung menuju tempatnya bermalam dan melanjutkan kegiatannya esok hari. Saat tiba di tempat tersebut, Jokowi tampak disambut oleh masyarakat, penampilan tari merak, hingga anak-anak yang bernyanyi.

Di Bandar Seri Begawan, Jokowi memulai agenda dengan menghadiri pertemuan bisnis, Sabtu (13/1/2024) malam. Pertemuan Presiden dengan sejumlah pengusaha Brunei yang tergabung dalam (konsorsium investor) digelar di Assarraa Guest House. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memaparkan potensi investasi dan rencana pemerintah dalam membangun IKN.                                                
“Saya ingin bercerita mengenai Ibu Kota Nusantara. Ini adalah agenda strategis Indonesia dan bagian dari misi Indonesia Emas 2045 yang telah disetujui oleh parlemen, dibuat undang-undangnya yang disetujui 93 persen suara,” kata Jokowi, mengawali presentasi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, pemerintah akan membangun IKN sebagai kota hutan yang pintar dengan 70 persen wilayahnya sebagai area hijau dan 80 persen transportasi merupakan transportasi publik yang berbasis energi hijau. “Ini adalah komitmen untuk terus menjaga Pulau Kalimantan–Borneo–sebagai paru-paru dunia yang memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, juga menciptakan magnet ekonomi baru,” tuturnya.
Lebih jauh, Presiden Jokowi menyampaikan progres pembangunan inti yang telah mencapai 70 persen dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024. Selain itu, saat ini juga telah banyak investasi yang masuk. Hal ini ditandai dengan pembangunan infrastruktur yang dimulai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking.

Ada 13 yang telah groundbreaking, baik berupa rumah sakit ada 3 rumah sakit, ada 5 hotel, dan ada 2 mal, ada training center untuk sepak bola, juga ada transportasi hijau, dan juga termasuk Nusantara Superblock di kawasan terintegrasi dengan hotel bintang lima, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan,” jelasnya.
Presiden pun berharap para pengusaha asal Brunei Darussalam dapat merealisasikan minatnya untuk berinvestasi di IKN. Presiden menyebut bahwa pemerintah telah menyiapkan sejumlah insentif bagi para investor di IKN baik berupa super tax deduction, tax holiday, hingga pembebasan bea masuk.

“Saya berharap minat investasi dari Your Highness dapat segera direalisasikan. Terima kasih,” pungkasnya.

Setelah Pertemuan dilakukan penyerahan Letter of Interest oleh Konsorsium investor. Penyerahan ini dilakukan oleh Putri Amal Rakiah kepada Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono.

Setelah pertemuan bisnis, Jokowi malam mingguan dengan jalan-jalan di The Mall Gadong. Ini merupakan pusat perbelanjaan yang ada di pusat kota Bandar Seri Begawan.
Kehadiran Jokowi di pusat perbelanjaan tersebut disambut meriah para pengunjung yang membuat suasana mal makin ramai. Tak sedikit yang menyapa Jokowi dan meminta untuk foto bersama. Banyak juga pengunjung yang berasal dari Indonesia. Setelah berkeliling mal sambil menyapa warga dan pengunjung yang hadir, Jokowi singgah di area pujasera. Di sana, Jokowi dan rombongan pun ngopi sejenak sambil berbincang hangat sebelum kemudian kembali ke tempatnya bermalam.

Sesi latihan Timnas Indonesia jelang lawan Irak. Foto : Ist.
Pos Sebelumnya:
Piala Asia
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo