TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Persiapan Jelang Debat Cawapres

Muhaimin Akan Siapkan Kejutan, Gibran Terus Latihan, Mahfud Bilang Gampang

Laporan: AY
Rabu, 17 Januari 2024 | 09:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ketiga Cawapres terus mempersiapkan diri untuk menghadapi debat sesi ke-4 pada Minggu (21/1/2024) malam. Muhaimin Iskandar alias Cak Imin janji bakal siapkan kejutan. Mahfud MD bilang gampang. Sementara Gibran Rakabuming Raka terus latihan.
Debat Capres-Cawapres sesi ke-4 direncanakan bakal digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) pada Minggu (21/1/2024). Dalam debat ini, giliran ketiga Cawapres yang akan berhadapan. Para Cawapres akan membahas isu strategis seputar “Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan Desa”.
Cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar mengaku siap dalam menghadapi debat nanti. Imin yang didebat sebelumnya sempat “gagap” saat menjawab pertanyaan dari Gibran mengaku sudah jauh lebih siap. Termasuk menghadapi pertanyaan berupa singkatan yang terjadi pada debat sebelumnya.

Imin pun menyinggung kebijakan KPU yang sedang membuat aturan soal penggunaan singkatan. Jika belum ada aturan yang jelas, dirinya bakal menyiapkan singkatan untuk ditanyakan.

Wartawan pun bertanya singkatan apa yang disiapkan. “Rahasia,” jawab Wakil Ketua DPR itu singkat, usai berziarah di Makam Bung Karno di Blitar, Kamis (11/1/2024).
Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi memastikan bahwa Imin sudah menyiapkan sejumlah strategi sesuai dengan materi debat. “Beliau sedang mempersiapkan hal-hal tersebut, mudah-mudahan nanti hari minggu bisa kita nikmati bersama,” tambahnya.

Syaugi mengklaim, Imin akan memberikan kejutan dalam debat Cawapres kedua nanti. “Kan kita maunya perubahan. Kalau perubahan itu harus ada yang berubah, nggak diam terus, nggak monoton,” cetusnya.
Sementara, Cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka juga telah berlatih menghadapi debat. Hanya saja, Gibran enggan membeberkan lebih detil terkait persiapan apa yang telah dilakukannya bersama tim.

Sudah, sudah disiapkan,” katanya saat blusukan di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (16/1/2024).

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani mengatakan, persiapan jelang debat tak hanya dilakukan dengan cara-cara konvensional. Hasil blusukan Gibran ke masyarakat, termasuk referensi baginya.

Jadi kan belajar itu atau memahami tidak hanya dengan membaca buku, tapi dengan bertemu langsung, mendengar langsung. Ternyata itu menjadi bahan, menjadi masukan untuk Mas Gibran dalam menghadapi debat pada hari Minggu ini,” kata Rosan.

Ia mengungkapkan, Gibran juga telah melakukan diskusi khusus terkait tema yang akan dibahas pada debat Cawapres kedua nanti. Sebab, Gibran sadar tema tersebut mencakup wilayah yang luas dan dengan melakukan diskusi akan membuatnya tampil prima di debat mendatang.
Sementara, Mahfud MD mengaku tak ada persiapan dan strategi khusus menghadapi debat cawapres. “Halah gampang, ndak usah pakai strategi,” jawabnya di Medan, Sumatera Utara, Senin, (15/1/2024).
Mahfud menyebut sudah siap tampil, dan optimis bisa menjawab segala pertanyaan panelis yang ditujukan kepadanya. “Nggak pakai persiapan, ditanya apa saja,” kata Mahfud.

Komisioner KPU August Mellaz mengingatkan para Capres-Cawapres untuk mengajukan pertanyaan pada segmen keempat dan kelima yang relevan dengan tema debat Pilpres 2024. Selain itu, KPU juga akan meningkatkan komunikasi dengan semua tim pasangan calon, dan tim stasiun TV penyelenggara debat menggunakan handy talkie (HT).

“Nanti yang pegang masing-masing tim paslon. Kan ada dua LO yang kita anggap super LO loh yang full akses, itu yang akan pegang. Jadi enam dari mereka, kemudian sama tim kita, dan kemudian tentu dari media penyelenggara. Sehingga nanti secara real time kalau ada kendala langsung bisa kita antisipasi,” ujarnya.
August mengatakan posisi tempat duduk LO paslon juga akan berada dekat dengan tim KPU. Namun, LO tetap dilarang berkomunikasi dengan paslon, panelis, dan moderator.

Soal tempat, KPU memilih Jakarta Convention Center (JCC). August telah membahas perihal tempat bersama dengan stasiun tv penyelenggara, dan tim ketiga paslon. JCC menjadi pilihan karena spesifikasi ruangannya yang cukup memadai.
“Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu,” urainya.

Mendengar persiapan para cawapres, netizen ikut berkomentar. “Semoga Cak Imin dan pak Mahfud tidak terlalu santun menjawab pertanyaan dan menanggapi pernyataan Gibran yang ngalor ngidul seperti debat cawapres pertama,” ujar @AjusNde.

“Kita lihat saja, Pak Mahfud kayaknya bakalan habis-habisan menyerang Gibran, termasuk juga Cak Imin, belajar dari debat sebelumnya. Tapi yang perlu diketahui generasi tua, jangan remehkan anak milineal,” sahut @erick_rm90. “Siap-siap ajaa.. Bakal ada yang mandi pertanyaan dan mandi keringat,” timpal @icham_syamsul. “Gua yakin seyakinnya, debat kali ini dia bakalan babak belur. Indikasinya? Banyak,” sambar @jhonjimbut.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo