TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Persiapan Cawapres Hadapi Debat

Cak Imin Rutin Latihan, Gibran Minta Doa, Mahfud MD Baca-baca

Laporan: AY
Sabtu, 20 Januari 2024 | 09:11 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Tiga Cawapres: Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, bersiap menghadapi Debat Cawapres kedua yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1/2024). Tak ingin kebobolan, ketiga Cawapres menyusun strategi untuk memenangkan debat. Cak Imin rutin latihan, Gibran minta doa, sementara Mahfud menyiapkan isu.
Debat Cawapres ini akan mengangkat tema energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat. Ketiga Cawapres, jauh-jauh hari sudah melakukan persiapan seperti isu yang akan diangkat dan dijadikan bahan untuk merebut simpati pemilih.
Cak Imin menyatakan akan mengangkat isu perubahan iklim dan ketahanan pangan. Karena persoalan ketahanan pangan ini dianggap berkaitan langsung dengan para petani. Isu lain yang akan diangkat adalah soal kelangkaan pupuk.
"Persoalan petani itu ada tiga. Nomor satu pupuk, nomor dua pupuk, nomor tiga pupuk. Jadi itu yang akan nanti digaungkan oleh beliau (Cak Imin),” kata Kapten Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Muhammad Syaugi Alaydrus, di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Mengenai latihan, disampaikan Anggota Dewan Pertimbangan Timnas AMIN, Saiful Huda. Dia menjelaskan, Cak ini sudah siap menghadapi Debat Cawapres. Cak Imin rutin berlatih dalam menyampaikan gagasannya agar bisa tepat waktu dengan durasi yang disediakan. Cak Imin juga rutin berdiskusi dengan para pakar Timnas AMIN agar visi, misi, dan gagasan tersampaikan dengan baik dan diterima masyarakat.
Sementara, Gibran meminta doa restu pada masyarakat agar lancar menjalani laga Debat Cawapres. "Doakan saja agar lancar ya," kata Gibran, di Solo, Jumat (19/1/2024).

Ditanya persiapan apa saja yang dilakukannya menghadapi debat nanti, Gibran menggelengkan kepala sambil bergegas masuk ruang kerjanya.

Waketum Gerindra Fadli Zon optimis Gibran bisa menguasai panggung debat nanti. Ia mengingatkan, hakikat Debat Cawapres bukan seperti perlombaan. Debat Cawapres bertujuan untuk mendapatkan dukungan rakyat berdasarkan yang disampaikan di dalam paparan dan debat itu.

Eks Wakil Ketua DPR ini menilai Gibran sudah matang dan siap berlaga. "Insya Allah saya kira akan ada kejutan seperti itu," ucapnya.
Sedangkan Mahfud MD tengah sibut menyiapkan isu soal pupuk sebagai senjata pamungkas. Mahfud mengatakan, isu ini penting lantaran di seluruh tempat di Indonesia yang dikunjunginya, persoalan pupuk selalu dikeluhkan para petani.
Pentingnya isu pupuk dipertegas pasangan Mahfud, Ganjar Pranowo. "Ini persoalan serius," kata Ganjar, dalam keterangan tertulis, Jumat (19/1).
Kata Ganjar, isu ketahanan pangan dan produktivitas ini yang akan disampaikan Mahfud dalam Debat Cawapres nanti. "Saya banyak mendapat inspirasi dari petani agar besok dimasukkan dalam materi debat," kata Ganjar

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, mengatakan bahwa Mahfud telah siap lahir dan batin untuk mengikuti Debat Cawapres nanti. Andi menyebut, Mahfud sudah terbiasa berdebat. “Tentu beliau sudah siap lahir dan batin berdebat untuk rakyat,” ucap Andi.
Di tempat terpisah, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin memberikan wejangan kepada para Cawapres yang akan mengikuti debat. Kata Kiai Ma'ruf, para Cawapres boleh mengeluarkan semua kesaktiannya, namun usai selesai debat, jangan lantas dibawa ke mana-mana.
"Selesai debat ya sudah wabillahi taufiq wal hidayah (sudah selesai, pulang). Jangan terus dibawa keluar. Bahaya itu," kata Kiai Ma'ruf, setengah bercanda, usai menghadiri acara Brawijaya Halal Summit 2024, di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo