TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kembali Dilanjutkan, 510 Unit Rumah Tak Layak Huni di Tangsel Bakal Dibedah

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 25 Januari 2024 | 13:07 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG UTARA - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) kembali akan menggencarkan program perbaikan rumah tak layak huni (RUTLH). Untuk tahun ini, totalnya terdapat 510 unit rumah yang diusulkan. 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie memastikan, program ini akan terus berlanjut. Selagi itu dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

"Saya berharap bahwa program ini bisa terus selama masyarakat membutuhkan. Karena hasil pemeriksaan BPK juga kita dapat penilaian baik. Dengan program ini saya berharap agar kemiskinan ekstrem bisa kita tekan," ujar Benyamin dalam kegiatan perumusan hasil evaluasi dan verifikasi usulan perbaikan RUTLH di bilangan Serpong Utara, Tangsel, Kamis (25/1/2024). 

Namun sebelum perbaikan itu dilakukan, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui. Salah satunya adalah tahapan perumusan hasil evaluasi dan verifikasi usulan. 

"Memastikan kebenaran lokasi, memastikan ketersediaan lahan, asal jangan tanah milik orang. Tanah harus milik sendiri. Kalau tidak ada sertifikat harus ada bukti lainnya. Kemudian juga menilai kelayakan bangunan existing. Karena kita bangunannya permanen dan layak huni untuk jangka panjang jadi bangunan layak huni. Makanya air dan listrik kita juga perhatikan," jelas Benyamin. 

Selain ada peningkatan dari sisi jumlah rumah yang diperbaiki, Benyamin juga berharap agar partisipasi masyarakat juga dapat meningkat seiring berlangsungnya program ini. 

"Pada 2023 kami telah menangani sebanyak 395 unit rumah. Secara total kita sudah 2000-an lebih dari sejak awal. Yang harus kita sempurnakan adalah seberapa besar partisipasi masyarakat. Jadi ke depan, harapannya nanti ada kalkulasi seberapa besar partisipasi masyarakat," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, Aries Kurniawan memaparkan, ratusan rumah yang akan diperbaiki ini meliputi dari seluruh kecamatan se-Tangsel. 

"Ciputat sebanyak 68 unit, Ciputat Timur sebanyak 65 unit, Pamulang 65 unit, Pondok Aren 94 unit, Serpong 80 unit, Serpong Utara 70 unit, dan Setu 68 unit. Jadi totalnya 510 unit," paparnya. 

Aries mengungkapkan, jika tahapan verifikasi ini telah dilalui maka ditargetkan pembangunan dapat dilakukan pada awal Februari mendatang. 

"Jadi ada dua tahapan. Pertama ada 255 unit. Itu Februari sampai lebaran atau April. Kemudian tahap kedua setelah lebaran, sekitar April atau Mei sebanyak 255 unit lagi," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo