TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tolong Jangan Sakiti Rakyat Kecil

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 09 Maret 2024 | 06:30 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Tiga hari menjelang Puasa Ramadhan, harga beras masih cukup tinggi. Meski sudah turun dari sebelumnya Rp 16.000 an per kilogram ke Rp 14.000 an per kilogram, tapi ini masih memberatkan rakyat kecil. Terutama buruh harian dan orang-orang yang ada di lapisan paling bawah.
Masih cukup tingginya harga beras saat ini juga dikeluhkan petani kecil yang lahannya rata-rata setengah hek­tar dan juga para butuh tani. Mereka tak punya uang lagi untuk membeli beras.
Mereka ini berharap harga beras bisa turun ke Rp 12.000 an per ki­logram.
Tetapi petani kecil tidak berharap harga beras turun ke Rp 11.000 an. Mereka takut saat panen raya dua pekan mendatang harga gabah dan beras di tingkat petani jatuh.

Oleh karena itu, supaya harga beras bisa segera turun, tetapi tidak anjlok, Badan Pangan Nasional (Bapanas), Kementerian Perdagangan dan Bulog mesti putar otak.

Bulog butuh dana besar atau dobel anggaran. Pertama, untuk membanjiri pasar dan operasi pasar. Kedua, mem­beli gabah dan beras petani dengan harga yang baik.

Selain butuh dana triliunan rupiah, Bulog juga perlu membentuk dua satgas khusus. Yaitu, Satgas Operasi Pasar dan Satgas Pembelian Gabah Petani. Satgas ini harus gesit. Dengan harapan, menjelang Puasa Ramadhan harga beras turun, tetapi saat panen raya tidak merosot tajam.
Petani kecil, buruh tani dan orang-orang yang ada di lapisan paling bawah butuh perlindungan. Mereka butuh bantuan beras. Oleh sebab itu, bansos beras, sebaiknya tetap diberi­kan di awal Ramadhan dan sebelum Lebaran.

Kita berharap, menjelang Ramad­han tak ada lagi orang yang tak punya beras. Supaya petani kecil dan buruh tani bisa memperoleh beras dengan harga murah, operasi pasar mesti di­lakukan hingga kota-kota kecamatan.
Kita berharap, operasi pasar beras dengan harga Rp 10.000 an per kilo­gram dilakukan selama sepekan di awal Puasa. Operasi pasar beras juga mesti diikuti dengan operasi pasar gula, telur dan minyak goreng.

Selama bulan Puasa, buruh harian dan orang-orang di lapisan paling bawah sangat berharap harga sem­bako stabil murah. Mereka akan ter­bantu, kalau tiap hari di kampungnya ada operasi pasar.
Jadi sekali lagi, jangan sakiti rakyat kecil. Tak boleh ada lagi, orang miskin dan sangat miskin yang tak punya beras. Semua orang di negeri ini harus bisa makan. Oleh karena itu, bansos beras tetap mesti diberikan hingga Juni 2024 mendatang.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo