TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Munas Golkar Desember,  Airlangga Makin Kokoh Di Beringin

Laporan: AY
Selasa, 12 Maret 2024 | 08:30 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Partai Golkar akan melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) pada Desember tahun ini. Bursa calon ketua umum partai berlambang pohon beringin ini pun mulai ramai. Namun, posisi ketua umum petahana, Airlangga Hartarto, semakin kokoh.
Sejauh ini, dikabarkan ada empat kandidat calon Ketua Umum Golkar yang akan bertarung di Munas nanti. Mereka adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, politisi Partai Golkar Bahlil Lahadalia, dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo.
Meski banyak calon bermunculan, posisi Airlangga justru semakin kokoh. Keberhasilan meningkatkan suara di Pileg 2024 dan memenangkan Capres-Cawapres yang didukung, membuat posisi Airlangga di Golkar semakin kuat.

Ketua DPD Golkar Sumatera Selatan Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, seluruh kader Golkar di wilayah solid mendukung kepemimpinan Airlangga. “Semua DPD Golkar fokus pada tugas mengawal hasil Pileg, Pilpres, dan menghadapi Pilkada, juga solid mendukung kepemimpinan AH (Airlangga Hartarto),” kata Bobby, kepada wartawan, Senin (11/3/2024).

Bobby lalu memuji kepemimpinan Airlangga karena berhasil menaikkan perolehan suara Golkar di Pemilu 2024. Kata Bobby, keberhasilan ini menjadi kebanggaan semua kader beringin.
“Para kader di seluruh tingkatan organisasi mengapresiasi kepemimpinan Pak AH yang dengan gemilang mampu mengantarkan posisi elektoral Golkar di luar perkiraan semua lembaga survei sebelumnya,” ungkap anggota Komisi I DPR itu.

Menurut Bobby, masih ada kontestasi yang perlu dikawal yakni Pilkada serentak 2024. Meski begitu, dia menegaskan, hal itu tidak akan mengganggu jadwal Munas Golkar yang akan digelar Desember.
“Masih ada tugas selanjutnya yaitu kontestasi Pilkada 2024, yang tentu melibatkan seluruh elemen partai. Hal ini tidak membuat jadwal Munas Golkar ada perubahan, yakni di Desember 2024,” ungkapnya.

DPD Golkar Jambi dengan tegas mendukung Airlangga untuk kembali memimpin beringin. “Kami menyatakan mendukung Bapak Airlangga Hartarto untuk memimpin kembali Partai Golkar di Munas nanti,” ucap Ketua DPD Golkar Jambi Cek Endra.

Endra menegaskan, seluruh kader Golkar di daerahnya solid mendukung Airlangga untuk kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Golkar pada Munas Desember tahun ini.

Kami solid dan punya kesatuan pandangan di antara anggota Golkar di daerah terhadap kepemimpinan Airlangga secara nasional. Hal ini juga menunjukkan pengakuan terhadap kontribusi dan kepemimpinan Airlangga Hartarto selama ini,” papar dia.

Dia menyadari, persaingan kursi Ketua Umum Golkar di Munas kali ini akan berlangsung sengit. Mengingat, kandidat calon yang maju merupakan tokoh-tokoh penting dalam struktur partai dan memiliki pengaruh yang luas.
“Namun, dukungan yang diberikan kepada Airlangga Hartarto oleh DPD Golkar Jambi bisa menjadi indikator awal terkait arah dukungan dari daerah-daerah lain dalam pemilihan nanti,” tegas Endra.
Organisasi sayap Golkar, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), juga tegak lurus mendukung Airlangga. “Kami tegak lurus, patuh dan loyal kepada Pak Ketua Umum Airlangga Hartarto. Kami juga siap menjalankan arahan dan mengawal Pak Ketum,” tegas Ketum DPP AMPI Jerry Sambuaga.

Saat ditekankan kembali terkait arah dukungan ke Airlangga untuk kembali jadi ketum Golkar, Jerry tidak merespons secara detail. Wakil Menteri Perdagangan ini lagi-lagi mengatakan siap dan tegak lurus menjalankan arahan Airlangga. “Siap tegak lurus menjalankan arahan Pak Ketum,” tekan dia.

Meski dukungan begitu deras, Airlangga tak mau membusungkan dada. Saat ditanya wartawan mengenai hal ini, Menko Perekonomian ini hanya bilang, Munas dilaksanakan sesuai jadwal. “Jadwal Munas nanti di Bulan Desember,” ucap Airlangga, usai Rapat Pleno Partai Golkar, di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (10/3/2024).
Mengenai Rapat Pleno, Airlangga memastikan tidak membahas Munas. Rapat itu membahas hasil Pilpres dan Pileg 2024.

“Tidak ada Munas, kita bicara kemenangan Pilpres dan Pileg,” tandasnya.
Melihat derasnya dukungan ini, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno memprediksi Airlangga kembali melenggang sebagai Ketua Umum Golkar. Dengan keberhasilan Golkar di Pemilu 2024, para kader Golkar tak akan beralih ke lain hati untuk menentukan pemimpin mereka.

“Kalau melihat konfigurasi politik hari ini, AH (Airlangga Hartarto) tentu jauh diunggulkan ketimbang lama lain,” ucap Adi.

Menurut Adi, Airlangga mendapat legitimasi kuat dari seluruh kader Golkar. Mengingat, di tangan Airlangga, Golkar harum di Pemilu 2024. “AH punya legitimasi kuat sebagai ketua umum yang mengantarkan Golkar naik signifikan perolehan Pileg-nya di 2024 ini,” pungkas Adi. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo