TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gerbong Kereta Minta Ditambah

Kereta Api Paling Diminati Untuk Mudik Lebaran

Laporan: AY
Senin, 18 Maret 2024 | 08:30 WIB
Penumpang kereta api mudik Lebaran di Stasiun Senin tahun 2023. Foto : Ist
Penumpang kereta api mudik Lebaran di Stasiun Senin tahun 2023. Foto : Ist

JAKARTA - Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut, moda transportasi kereta api sebagai moda paling diminati masyarakat untuk mudik Lebaran 2024. Sayang, keinginan masyarakat menggunakan kereta api tidak berbanding lurus dengan daya tampungnya.
Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Per­hubungan (Kemenhub), Robby Kurniawan mengatakan, dari hasil hasil survei Kemenhub bersama Kemenkominfo 2024, sebanyak 20,30 persen atau 39,32 juta orang mengaku ingin menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi antarkota di Lebaran tahun ini.
“Kalau kita melihat referensi masyarakat itu, keinginan mereka untuk menggunakan kereta api sangat besar,” ujar Robby, dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (17/03/2024).
Namun, sambung dia, tinggin­ya keinginan masyarakat meng­gunakan kereta api untuk mudik, dipastikan belum bisa terwujud sepenuhnya. Sebab, ada keterbatasan daya tampung pada kereta api.

Dia pun meminta sisa penum­pang untuk memilih moda trans­portasi lain, sebagai sarana untuk berpergian antar kota. Transportasi bus menjadi pili­han moda kedua terbanyak setelah kereta api dengan jum­lah penumpang diperkirakan mencapai 37,51 juta orang atau setara 19,37 persen.

Lebih lanjut, Robby me­ngatakan, daerah asal pemudik terbanyak adalah Jawa Timur (Jatim) dengan 31,3 juta jiwa, Jabodetabek sebanyak 28,43 juta jiwa, dan Jawa Tengah (Jateng) sebanyak 26,11 juta jiwa.

Adapun daerah tujuan pemu­dik paling banyak adalah Jawa Tengah mencapai 61,6 juta orang, Jawa Timur sebanyak 37,6 juta orang, dan Jawa Barat sebanyak 32,1 juta orang,” tan­dasnya.
Tingginya minat masyarakat dalam menggunakan kereta api juga tercermin dari cuitan di platform X. Bahkan, banyak dari mereka yang meminta KAI menyediakan tiket tambahan di musim Lebaran 2024.

Akun @ibrahimcious me­ngatakan, KAI sebaiknya me­nambah gerbong tambahan rute Malang-Pasar Senen di tanggal 5 April 2024. Sebab, di tanggal tersebut tiket kereta sudah ludes.
“Min @KAI121, Kereta Jaya­baya Malang-Ps. Senen tanggal 5 April 2024 bakal ada tambahan lagi nggak ya? Saya mau mudik tapi sudah kehabisan tiket,” tulisnya.

Senada, akun @amna39_ meminta KAI menambah jad­wal perjalanan atau minimal menambah gerbong tambahan untuk musim mudik tahun ini. “Tolong dong min kereta juru­san Malang-Jember ditambah lagi. Saya nggak dapet tiket KA Tawanggalun nih min buat mudik lebaran,” ucap dia.
Sementara itu, akun @eric­kyoku meminta para pengguna media sosial X berbagi info bila ada pembukaan tiket kereta un­tuk mudik. “Tolong berbagi info kereta tambahan untuk musim mudik jalur Selatan. Soalnya lihat di aplikasi, tiket kereta sudah habis mulai h-5 sebelum lebaran,” pintanya

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo