TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Terdeteksi Bibit Siklon, BMKG Imbau Pemudik Berhati-Hati dan Waspada Hujan Lebat

Laporan: Irma Permata Sari
Kamis, 04 April 2024 | 21:28 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

CIPUTAT, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II mendeteksi kemunculan bibit siklon tropis baru di sekitar Laut Sawu yang menunjukkan kecenderungan menguat dan berpotensi hujan Lebat di sejumlah wilayah Banten dalam beberapa hari kedepan.

“Momentum mudik lebaran Idul Fithri pemudik diharapkan waspada cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang di sejumlah wilayah Provinsi Banten” terang Hartanto, Kepala BBMKG Wilayah II, Kamis (04/04/2024).

Hasil monitoring BBMKG Wilayah II sebagaimana diterangkan Hartanto, perkembangan kondisi cuaca dan iklim di wilayah Provinsi Banten yang saat ini menunjukkan kemunculan bibit siklon bernama Siklon 96S di sekitar Laut Sawu (10.2oLS 121.0oBT) menyebabkan terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang dapat memicu adanya potensi cuaca ekstrem berupa peningkatan curah hujan.

“Aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar wilayah Indonesia bagian barat turut memicu potensi peningkatan awan hujan. Adanya fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang diprediksi akan aktif dalam beberapa hari ke depan di wilayah Indonesia juga turut memicu potensi peningkatan awan hujan” lanjut Hartanto.

Berdasarkan analisis potensi dinamika atmosfer, sebagian wilayah yang perlu diwaspadai untuk potensi Hujan Sedang-Lebat di wilayah Provinsi Banten periode tanggal 05 - 07 April 2024 di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang bagian Utara dan Selatan, KabupatenbSerang bagian Utara dan Selatan, Kabupaten Tangerang bagian Tengah dan Selatan, serta Kota Tangerang Selatan

“BMKG menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga tiga hari kedepan. Karena potensi cuaca ekstrim bertepatan dengan periode mudik, BMKG mengimbau kepada pemudik untuk secara aktif melihat informasi dan kondisi cuaca” terang Hartanto.

Masyarakat dihimbau agar tidak panik terkait dengan informasi Bibit Siklon Tropis 96S namun tetap waspada akan kemungkinan potensi cuaca ekstrem yang yang berpotensi terjadi selama periode awal libur lebaran tahun 2024.

 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo