TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ajukan Diri Sebagai Amicus Curiae, Megawati Kirim Surat Ke MK

Laporan: AY
Selasa, 16 April 2024 | 19:33 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (batik merah) saat menyerahkan surat dari Megawati di MK. Foto : Ist
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (batik merah) saat menyerahkan surat dari Megawati di MK. Foto : Ist

JAKARTA - Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri mengajukan diri menjadi Sahabat Pengadilan atau Amicus Curiae Mahkamah Konstitusi (MK). Sebagai Sahabat Pengadilan, Ketum PDIP ini ikut menyampaikan pemikiran atau pendapatnya atas perkara sengketa hasil Pilpres di MK. 
Surat permohonan Mega itu diserahkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ke gedung MK, Jakarta, Selasa (16/4/2024). Hasto didampingi Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Todung Mulya Lubis, kuasa hukum Paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kedatangan saya untuk menyerahkan pendapat Sahabat Pengadilan dari seorang warga negara Indonesia, yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri, sehingga Ibu Mega dalam kapasitas sebagai warga negara Indonesia mengajukan diri sebagai Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan,” ujar Hasto.
Dalam akhir dokumen Amicus Curiae itu, terdapat tulisan tangan Megawati. Menurut Hasto, tulisan tangan Megawati sebagai ungkapan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang tidak pernah sia-sia karena emansipasi merupakan bagian dari demokrasi dalam melawan penyalahgunaan kekuasaan.

“Rakyat Indonesia yang tercinta, marilah kita berdoa semoga ketuk palu Mahkamah Konstitusi bukan merupakan palu godam, melainkan palu emas. Seperti kata Ibu Kartini pada tahun 1911, Habis gelap terbitlah terang. Sehingga fajar demokrasi yang telah kita perjuangkan dari dulu timbul kembali dan akan diingat terus-menerus oleh generasi bangsa Indonesia. Aamiin ya rabbal alamin, hormat saya Megawati Soekarnoputri, ditandatangani, merdeka, merdeka, merdeka,” ucap Hasto membacakan tulisan Megawati tersebut.
Mereka diterima langsung Ketua Bidang Kehumasan, Publikasi, dan Internasionalisasi Gugus Tugas PHPU 2024 Immanuel Bungkulan Binsar Hutasoit serta Kepala Subbagian Protokol MK Gunawan di Gedung 2 MK, Jakarta Pusat.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo