TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jelang Idul Adha, Ini Persiapan Pedagang Hewan Kurban Agar Terhindar PMK

Oleh: Mg.Fikri
Kamis, 16 Mei 2024 | 13:58 WIB
Foto : Mg.Fikri
Foto : Mg.Fikri

TANGERANG - Para pedagang hewan kurban saat ini sudah mulai terlihat di pinggir-pinggir jalan utama dan di jalan-jalan yang kecil dengan harga yang sangat bervariasi, namun para pedagang hewan kurban ini juga perlu mengutamakan kesehatan hewan kurbannya agar sesuai dengan syariat Islam.

Penanggung jawab peternakan Sinar JJ Cisoka, Uweng, menjelaskan bahwa dirinya menjual hewan ini tidak hanya sekadar mengambil sebuah momen Hari Raya Iduladha saja, namun dirinya memang berdagang di setiap harinya.

“Kalo di sini jujur aja bukan musiman doang, tapi hari-hari juga kita bermain seperti ini. Tapi kita mainnya kebanyakan di dagingnya, jadi kalo malem kita selalu potong buat jualan di depan situ,” ucap Uweng, Kamis (16/5/2024).

Sebagai pedagang hewan kurban, dirinya juga mendatangkan hewan kurbannya tidak hanya dari Jawa saja, namun ada yang dari Bali dan Lampung juga disediakan di peternakan ini.

“Kalo sapi itu kita ngedatenginnya banyak sih, terutama Jawa hampir semuanya kita masuk, sekarang ada tambahan dari Bali dan Lampung. Untuk hewan kurban Inshaa Allah kita komplit, baik dari sapi maupun kambing,” katanya.

Berhubung sebelumnya sempat ramai dengan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan menurut syariat Islam mengenai hewan kurban itu harus sehat dan tidak cacat, pemilik peternakan ini juga tidak ragu mengenai kesehatan hewan-hewan kurban yang dimilikinya, hal ini dikarenakan dengan adanya perawatan dari pemilik hewan ternak ini.

“Alhamdulillah sih, kita juga ngerawat tempatnya sampe bersih terus dan sapinya terawat nih kayak gini, tempatnya terawat, Inshaa Allah PMK ga dateng. Sekalinya dateng ya kita mah pasrahin aja semuanya, kitakan cuman bisa berusaha doang kayak gini,” ujarnya

Adanya kesehatan hewan kurban yang dijamin oleh pemiliknya, bagi yang ingin melihat dan minat untuk membeli daging atau hewan kurbannya, para calon pembeli bisa datang ke Sinar JJ Cisoka di Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang sebelah pom bensin Desa Caringin dengan harga yang sangat bervariasi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo