TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Berahkir Pekan Di Yogya, Jokowi Bagikan Sembako Buat Warga

Laporan: AY
Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:20 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

YOGYAKARTA - Presiden Jokowi memilih mengisi liburnya di Yogyakarta. Di Kota Gudeg tersebut, Jokowi melakukan berbagai kegiatan. Mulai bermain dengan cucunya sampai membagikan sembako kepada warga.

Jokowi telah berada di Yogya sejak Rabu (22/5/2024) malam. Paginya, Jokowi masih menghadiri peresmian pembukaan rapat koordinasi nasional pengawasan intern Pemerintahan tahun 2024, di Istana Negara, Jakarta.

Selain ke Yogya, Jokowi juga sempat pulang kampung ke Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2024). Di Solo, Jokowi melepas rindu dengan cucu-cucunya. Seharian bermain dengan cucu-cucunya, Jokowi merasa belum puas. Mantan Wali Kota Solo itu memboyong mereka ke Istana Kepresidenan Yogyakarta Gedung Agung.

Di Yogya, Jokowi tampak di pelataran Gedung Agung. Dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam, Jokowi terlihat menemani cucunya yang sedang asyik bermain. Jan Ethes, putra dari Gibran Rakabuming Raka, yang terlihat asyik bermain sepeda bersama Jokowi.

Para warga dan wisatawan di sekitar Istana Kepresidenan turut memanfaatkan kesempatan ini untuk mengabadikan momen kegiatan Presiden dan keluarganya.

Sekitar pukul 09.50 WIB, Jokowi keluar dari Gedung Agung. Mengetahui banyak warga yang memperhatikannya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, membuka kaca mobilnya sembari menyapa mereka. Selain itu, Jokowi membagikan sejumlah kaos kepada warga yang sedang asyik bermain di sekitaran Malioboro.

Jumat sore, Jokowi kembali terlihat ada di Gedung Agung. Jokowi memberikan kesempatan kepada warga untuk masuk pelataran Gedung Agung. Jokowi dan Jan Ether pun dikerubuti warga.

Pada kesempatan ini, Jokowi dan Jan Ethes juga membagikan sembako kepada warga Yogya. Warga mulai mengantre di depan Gedung Agung sejak pukul 15.20 WIB. Ada sekitar 1.000-an paket sembako yang disiapkan Jokowi.

Setelah menunggu selama sekitar setengah jam, tepatnya pukul 16.10 WIB, pembagian sembako pun dimulai. Jokowi bersama cucunya, Jan Ethes, memantau langsung pembagian sembako.

“(Pembagian sembako) nggak pakai kupon, tapi dibantu polisi,” kata Adek, warga berusia 74 tahun yang tinggal di Ngupasan, Yogya.

Isi sembako pun beragam. Disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. “Isi sembako (di antaranya) beras, gula, roti, minyak, teh,” rincinya.

Ahya Rosidi, seorang tunanetra, sangat bersyukur dan senang dapat sembako dari presiden. “Alhamdulillah kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada beliau dan segenap jajaran yang sudah membantu kami semua kaum difabel tunanetra ini,” ujarnya.

Jaenab, pedagang tas di jalanan Malioboro, juga merasakan kehangatan yang sama. Baginya, bantuan yang diterimanya menorehkan harapan baru di tengah kondisi dagangannya yang tidak menentu.

“Alhamdulillah senang banget. Saya kan jualan tas, dapat sembako kan senang. Kita jualan belum tentu (laku),” ujarnya dengan mata berbinar.

Warganet ikut mengomentari liburan Jokowi sambil bagikan sembako di Yogya. “Oalah pantes tadi rame banget di Malioboro, ada pakde to,” cuit @Robberss7. “Long weekend yang bermanfaat,” ujar @SayaAdith.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo