TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

HUT RI Ke-79 Dirayakan Secara Istimewa

Jokowi-Prabowo Di IKN, Ma’ruf-Gibran Di Jakarta

Laporan: AY
Selasa, 11 Juni 2024 | 08:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun ini akan digelar di 2 tempat. Presiden Jokowi didampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mengikuti upacara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sementara Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan mengikuti upacara di Jakarta didampingi Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka. 

Kabar ini diungkap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. Kata dia, peringatan HUT RI ke-79 tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Sebagian di IKN, sebagian di sini. Pak Presiden Jokowi yang mimpin (di IKN), Pak Wapres Ma'ruf Amin yang (mimpin) di sini," kata Menko Muhadjir, usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (10/6/2024). 

Nantinya, tambah Muhadjir, Prabowo akan mendampingi Jokowi memimpin upacara HUT RI di IKN. Sedangkan Gibran, akan mendampingi Ma'ruf Amin memimpin upacara HUT RI ke-79 di Istana Negara, Jakarta. 

"Nanti Pak Wapres terpilih akan mendampingi Wapres," tambah Muhadjir. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, juga menjamin momen hiburan di sela-sela upacara tetap ada. "Di sini ada hiburan, di sana juga ada hiburan, kan hybrid," sebut dia. 

Terkait kesiapan, Muhadjir menjelaskan, bahwa jalan tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) di IKN sudah dapat dilintasi. Penggunaan bandara baru di kawasan IKN juga dapat dipastikan berfungsi akhir Juli nanti. 

"Jalan tol insya Allah sudah aman, tapi nunggu sampai akhir Juli. Bandara kepastian akan akhir Juli berfungsi sehingga nanti tamu tidak lewat Balikpapan, tapi langsung landing di bandara baru," ungkap dia. 

Dia menambahkan, akomodasi menuju IKN juga hampir rampung. "Akomodasi Insya Allah sudah siap. Tadi laporan Pak Menhub sudah di atas 90 persen," ungkapnya. 

Selain itu, Muhadjir menepis anggapan bahwa pembangunan IKN bersifat buru-buru. "Aman, aman. Ya nggak buru-buru lah, udah disiapkan lama kok itu," tandas mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu. 

Pada upacara hari kemerdekaan tahun ini juga akan mengundang sejumlah tokoh nasional. Termasuk mantan Presiden dan Wakil Presiden. "(Undangan mantan Presiden) Itu masih diusulkan. Tadi Pak Presiden merekomendasikan para tokoh untuk hadir, apakah di sini (Jakarta) dan IKN," imbuh dia. 

Kendati demikian, Muhadjir menyatakan, hingga saat ini masih belum terdapat daftar resmi terkait tokoh-tokoh yang akan diundang menghadiri upacara. "Belum ada daftarnya, mungkin akan dipecah dua. Termasuk upacara di Taman Makam Pahlawan di Kalibata dan IKN Memorial," ujar Menko Muhadjir. 

Di kesempatan sama, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menjamin para mantan Presiden dan Wapres akan diundang. Alasannya karena mereka telah memberikan kontribusinya untuk Merah Putih. 

"Iya (mantan Presiden) diundang. Pada prinsipnya, diundang ya tokoh-tokoh terutama yang ada hubungannya dengan istilahnya jasa mereka dalam merebut kemerdekaan dan juga pengabdian selama ini," jelas Yudian. 

Selain itu, Yudian menuturkan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada HUT RI tahun ini akan dikukuhkan di IKN. "Pengukuhan Paskibraka akan dilaksanakan tanggal 15 Agustus 2024 di IKN, tapi untuk tanggal ini ada usulan perubahan yang sedang kami pertimbangkan. Kalau bisa lebih awal," jelas Prof Yudian. 

Yudian bilang, terdapat 76 orang yang akan dikukuhkan sebagai pasukan pengibar bendera. Rinciannya, 38 laki-laki dan 38 perempuan. "Mereka mewakili 38 provinsi," ujar Yudian. 

Nantinya, lanjut dia, mereka akan diterbangkan ke IKN pada pertengahan Agustus. "Calon Paskibraka tingkat pusat akan diberangkatkan ke IKN pada 10 agustus 2024 melalui Balikpapan," ungkap dia. 1

Akan tetapi, dijelaskan Yudian, rekruitmen calon Paskibraka masih dalam tahap verifikasi oleh BPIP. Pihaknya menargetkan proses verifikasi rampung pada 14 Juni. Usai dinyatakan lolos tahapan verifikasi, sebanyak 76 calon Paskibraka akan memulai pemusatan pendidikan di Jakarta pada 12 Juli 2024.11

"Pelatihan Paskibraka melibatka1n pelatih dari Komando Garnisun Tetap I/Jakarta dan Kodam VI Mulawarman," ujar mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu. 1

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan masyarakat yang ada di IKN juga bisa menyaksikan jalannya HUT RI di Jakarta. "Ya hiburan ya, ada hiburan, tari-tarian, ya untuk menghibur warga. Dari IKN juga bisa dilihat," ucap Heru, Minggu (9/6/2024). 1

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memastikan, transportasi massal di IKN mulai beroperasi pada Agustus mendatang. Keseluruhannya berbasis listrik. 11

"IKN, khususnya di kota pusatnya itu, (transportasi umum di IKN) harus menggunakan electric vehicle," pungkas Menhub Budi, Minggu (9/6/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo