TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sudah Bulan Juli Tapi Kok Masih Hujan? Ini Penjelasan BMKG

Laporan: Rachman Deniansyah
Sabtu, 06 Juli 2024 | 21:07 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

PAMULANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan puncak musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi di Bulan Juli dan Agustus 2024. Namun yang membuat heran, hingga saat ini hujan masih sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Tangerang Selatan (Tangsel).

Hingga hari ini, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang masih terjadi Tangsel.

Menindaklanjuti kondisi tersebut, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II Kota Tangsel, Hartanto memonitor, perkembangan kondisi cuaca yang dapat berpotensi terjadinya cuaca ekstrem berupa peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Provinsi Banten.

Hasilnya, diketahui terdapat dinamika atmosfer. Beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan.  

"Antara lain karena adanya aktivitas Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang memicu potensi peningkatan awan hujan, aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar wilayah Indonesia bagian barat turut memicu potensi peningkatan awan hujan di wilayah Banten," terang Hartanto melalui keterangan resminya, Sabtu (6/7/2024). 

Selain itu, lanjut Hartanto, suhu muka laut yang hangat juga berkontribusi dalam pertumbuhan awan hujan di wilayah Banten. 

Ia pun memprediksi, potensi cuaca pada tiga hari ke depan. Berdasarkan analisis potensi dinamika atmosfer tersebut, sebagian wilayah yang perlu diwaspadai untuk potensi Hujan Sedang-Lebat di wilayah Provinsi Banten.

"BMKG mengimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga tiga hari kedepan," paparnya. 

Informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca yang lebih detail untuk potensi hujan lebat hingga level kecamatan dapat diakses lebih lengkap di apps @InfoBMKG, website https://bbmkg2.bmkg.go.id, dan media sosial @bmkgwilayah2.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo