TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bupati Zaki Terpilih Jadi Ketua AKKOPSI

Laporan: AY
Rabu, 07 September 2022 | 18:44 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar terpilih sebagai Ketua Umum AKKOPSI 2022 - 2026. Foto : Istimewa
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar terpilih sebagai Ketua Umum AKKOPSI 2022 - 2026. Foto : Istimewa

TANGERANG - Musyawarah Nasional (Munas) IV Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) menetapkan Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar sebagai Ketua Umum AKKOPSI periode 2022-2026. Salah satu program yang akan menjadi perhatian adalah terkait menstruasi.


Adapun, program tersebut merupakan desain unggulan yang telah dipraktekkan di Kabupaten Tangerang. Program Manajemen Kesehatan dan Kebersihan Menstruasi (MKM) ini membantu sosialisasi pengetahuan tentang kesehatan reproduksi sekaligus mengurangi perundungan di sekolah.

"Kita juga akan ada acara advokasi and horizontal learning (AHL) beberapa program unggulan yang kita ajak untuk daerah lain replikasi, seperti sanisek sanitren dari Kabupaten Tangerang, Manajemen Kesehatan Menstruasi, ada Sekolah Kurasaki," ungkap dia

Kemudian, dirinya juga akan membawa program unggulan lain, yakni dari Kabupaten Lumajang dan Kota Magelang. "Ini akan kita bawa ke daerah yang membutuhkan dan melihat kemampuan mereka untuk mereplikasi agenda-agenda peningkatan sanitasi yang nanti bisa dilaksanakan," tambah Bupati Zaki.

Ia pun menargetkan akan mengoptimalkan peran AKKOPSI terhadap seluruh anggota yang tergabung. Saat ini, anggota AKKOPSI berjumlah sekitar 400 daerah, namun yang aktif hanya sekitar 50 daerah.


"Mudah-mudahan kita bisa menjadi aliansi yang memang aktif mendukung para anggota dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat," serunya.

Selain itu, dirinya juga akan menindaklanjuti peran pemerintah provinsi yang minim dalam pengentasan sanitasi. Sebab, program sanitasi ini merupakan program unggulan yang memiliki peran penting dalam peningkatan sumber daya manusia.


"Harusnya program sanitasi ini menjadi salah satu program unggulan di provinsi masing-masing, karena selain turunan dan domino effect banyak, ini jadi program wajib dalam rangka menurunkan tingkat stunting di Indonesia yang dimulai dari sanitasi itu," tutup Bupati Zaki. (AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo