TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mensos Sambangi Lebak, Kunjungi Dua Bocah Penderita Sakit Kritis

Oleh: AY/BNN
Senin, 12 September 2022 | 17:23 WIB
Mensos Tri Rismaharini saat mengunjungi Jamaludin penderita kebocoran jantung di Lebak. Foto : Istimewa
Mensos Tri Rismaharini saat mengunjungi Jamaludin penderita kebocoran jantung di Lebak. Foto : Istimewa

LEBAK—Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Senin (12/09)  mengunjungi seorang bocah di Kabupaten Lebak bernama Jamaludin. Warga Kampung Kadujajar, Desa Kadujajar, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak itu diketahui mengidap penyakit kebocoran jantung, Senin (12/09/2022). Dalam kesempatan itu, mantan Walikota Surayaba itu menyalurkan bantuan untuk kesembuhan bocah empat tahun tersebut.


Tidak hanya kepada Jamaludin, bantuan sebesar Rp 247.025.992 berasal dari donasi yang dikumpulkan melalui platform galang dana Kitabisa.com juga disalurkan untuk kesembuhan M Fadil (7) warga Kampug Paja, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak yang mengidap penyakit benjolan pada bagian mata sebelah kanan. Kehadiran Mensos  ke Lebak tanpa didampingi pejabat daerah setempat.


“Terima kasih kepada para donatur para orang-orang baik yang memberikan bantuan kepada anak kita Jamal yang kemarin mengalami sakit bocor jantung, dan Fadil yang mengalami penyakit di bagian mata. Mudah-mudahan progres pengobatan bisa berjalan dengan lancar,” kata Risma kepada watawan usai menyerahkan bantuan.

“Selain dari hasil donasi Kitabisa.com, Mensos juga turut memberikan bantuan Rp 18,2 juta untuk biaya penunjang pengobatan dan kebutuhan selama menjalani perawatan. Bantuan atensi Rp 41,7 juta, bantuan kewirausahaan ternak domba kepada orangtua Fadil berupa domba 4 ekor dan bantuan tambahan modal usaha dagang gorengan dan minuman serta bantuan perbaikan rumah Rp61,7 juta,” sambung Risma. Mensos juga mengungkapkan, bantuan itu diberikan kepada kedua keluarga kurang mampu itu sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap warga yang kurang mampu.  “Kita ingin memberikan semangat secara langsung terutama para orangtua yang anaknya menderita, bahwa masih ada loh saudara-saudara kita di Indonesia ini yang peduli kepada mereka. Jadi mereka enggak boleh putus asa,” ujarnya.


“Ada beberapa kasus yang kami datangi, yang mana bapak dan ibu melakukan bunuh diri karena keterbatasan. Nah itu enggak boleh terjadi lagi karena sebetulnya banyak orang-orang baik yang peduli kepada kita, jadi enggak boleh putus asa, enggak boleh menyerah. Kita bisa bersama-sama, kita bergotong-royong membantu sesama,” imbuhnya.

Sementara orangtua Jamaludin, Solihun (35) mengatakan, ucapan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang disalurkan Mensos. Bantuan yang diterimanya sangat membantu untuk penyembuhan anak kedua dari dua bersaudara itu.

“Anak saya itu sejak umur 3,5 bulan sudah divonis bocor jantung oleh RSUD Banten. Akibat tidak punya biaya anak saya itu bertahun tahun merasakan sakit akibat penyakit yang dideritanya. Setelah mendapat dukungan dari relawan Respek Peduli, alhamdulilah anak saya bisa diobati,” kata Solihun.


“Sudah dilakukan pengobatan dan kini tengah menjalani penyembuhan. Semoga bantuan ini terus memberikan sengatan untuk kelangsungan anak saya itu,” ujar pria yang kesehariannya sebagai pedagang es doger keliling ini.


Di tempat yang sama, Sukmariah ibu M Fadil (7) menceritakan awal mula anaknya itu memiliki penyakit di bagian mata sebelah kanan. Saat itu, kata Sukmariah, anak kedua dari dua bersaudara benjolan terlihat sejak umur 8 bulan ketika suhu badannya panas. Semakin hari, benjolan tersebut membesar. Langkah berobat pun dilakukan agar anak keduanya tersebut bisa sembuh, mulai dari RSUD Adjidarmo, RS Kartini dengan menggunakan BPJS Kesesahatan. Namun upaya itu tidak membuahkan hasil.

“Tadinya ada rencana mau kembali dibawa berobat, tapi karena suaminya saya meninggal dunia akhirnya rencana itu pupus. Dan baru sekarang bisa diobati yang dibantu relawan Respek Peduli,” terangnya. “Bantuan dari yang diterimanya dari Mensos dan relawan sangat membantu saya untuk kelangsungan hidup anak saya, kami ucapkan terima kasih,” ucapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo