TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Di Korsel, Megawati Sebarkan Pancasil Di Forum Perdamaian

Laporan: AY
Selasa, 13 September 2022 | 06:39 WIB
Megawati Soekarnoputri saat tiba di Korsel. (Ist)
Megawati Soekarnoputri saat tiba di Korsel. (Ist)

KORSEL - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri tiba di Jeju, Korea Selatan, untuk menjadi pembicara utama serta membagikan buku Pancasila pada Forum Perdamaian di Jeju, Kamis (15/9).

"Dalam buku dijelaskan sejarah lahirnya Pancasila dan penjelasan tentang lima sila," kata Hasto dikutip, Antara (12/9).

Hasto lantas mengatakan bahwa dalam Jeju Forum for Peace and Prosperity Ke-12 pada tahun 2017, Megawati juga hadir sebagai pembicara.

Menurut informasi Jeju Forum for Peace and Prosperity Ke-17 kali ini akan diihadiri oleh 2.000 peserta. Sejumlah tamu penting dari sejumlah negara pun dijadwalkan ikut hadir dan sampaikan materi pada acara tersebut.

Sebelum menghadiri Jeju Forum for Peace and Prosperity, Hasto mengatakan bahwa Megawati dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menyaksikan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Jeju National University (JNU) dan BRIN serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada hari Rabu (14/9).

Setelah itu, mengunjungi Laboratorium Budi Daya Laut yang berada di Universitas Nasional Jeju," ujarnya.

Selama 2 hari itu, lanjut Hasto, Megawati juga akan melangsungkan agenda lainnya, di antaranya bertemu dengan Gubernur Jeju Oh Young-hun serta menanam pohon di Megawati Soekarnoputri Garden, salah satu kawasan hotel di Pulau Jeju yang peresmiannya oleh presiden ke-5 RI itu pada bulan Mei 2017.

Sangat diharapkan pula oleh Megawati, kata Hasto, ​hubungan baik dan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dapat terus ditingkatkan, sebagaimana kunjungan kesekian kalinya Megawati ke Negeri Ginseng tersebut.

"Beliau selalu menyampaikan agar hubungan kedua negara terus terjalin dengan baik. Saat bertemu dengan Presiden Korsel Yoon Seok-yeol di Seoul pada bulan Mei lalu, hal itu pun disampaikan Ibu Mega," kata Hasto.

Terdampak Kenaikan BBM

Sebelum menuju Jeju, Hasto melepas Megawati dan rombongan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB. Megawati tiba sekitar pukul 18.00 waktu setempat dan disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto di Bandara Jeju, Senin.

Dalam rombongan Megawati turut ikut pula Bendahara Umum PDI Perjuangan yang juga Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Rokhmin Dahuri akan tiba di Jeju, Selasa (13/9). (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo