TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ganjar Nyatakan Tak Kenal Penghina Ustazah Lirboyo

Laporan: AY
Sabtu, 17 September 2022 | 11:01 WIB
Ganjar Pranowo. (Ist)
Ganjar Pranowo. (Ist)

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku, tak kenal dengan Ketum Ganjarist dan juga influencer, Eko Kuntadhi. Tiga hari terakhir, Eko jadi sorotan publik lantaran menghina ustazah Ponpes Lirboyo, Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz. Gara-gara ulah Eko, Ganjar kena getahnya.

Setelah menuai kecaman yang luas, Eko mendatangi Ponpes Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, Kamis lalu. Eko yang datang dengan menumpang Toyota Avanza Putih, tiba di lokasi sekitar pukul 5 sore. Eko yang tampil seadanya dengan kaus hitam, datang tak sendiri. Ia ditemani, politisi PSI sekaligus influencer dan aktivis Jaringan Islam Liberal, Guntur Romli.

Turun dari mobil, Eko dan Guntur disambut Pengurus Pondok Pesantren Lirboyo KH Oing Abdul Muid yang akrab disapa Gus Muid, serta Ketua PCNU Kota Kediri KH Abu Bakar Abdul jalil. Ia langsung dipersilakan memasuki Gedung Pertemuan Yayasan Ponpes Lirboyo.

Di dalam aula Ning Imaz dan suaminya, Gus Rifqil Muslim sudah ada di lokasi.

Eko menyampaikan, tujuannya datang untuk meminta maaf kepada Ning Imaz atas cuitannya yang menhina dan melecehkan Ning Imaz. "Saya melakukan kesalahan. Saya datang ke sini untuk minta maaf," kata Eko.

Pertemuan kemudian digelar secara tertutup selama hampir 1 jam. Usai pertemuan, Eko dan Ning Imaz membuat beberapa kesepakatan. Pertama, Eko meminta maaf dan menyampaikan penyesalan atas unggahannya di Twitter dan Instagram yang berisikan cacian dan ujaran kebencian kepada Ning Imaz.

Kedua, Eko mengakui kesalahan dan kekhilafannya pada unggahan tersebut, serta siap bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan.

Ketiga, Ning Imaz atas petunjuk masyayikh Ponpes Lirboyo telah menerima permohonan maaf Eko. Selain itu, Eko juga diminta menjadikan kasus ini sebagai pembelajaran untuk bijak dan santun dalam bermedia sosial pada masa-masa mendatang.

"Pesantren Lirboyo berharap media sosial tidak dijadikan sarana untuk menyampaikan ujaran kebencian dan caci maki, tapi justru untuk dakwah kebaikan dan menyampaikan Informasi yang bermanfaat," kata Gus Muid.

Usai pertemuan, Eko kemudian memutuskan mundur dari posisinya sebagai ketua umum Ganjarist. Ganjarist merupakan salah satu elemen relawan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024.

Eko berharap kelakuannya ini tidak mengganggu kehangatan hubungan Ganjar dan Keluarga besar NU. Terlebih lagi Ganjar sangat dekat dengan warga pesantren Lirboyo dan Pesantren Manbaul Hikmah.

Lalu bagaimana tanggapan Ganjar? Politisi PDIP itu mengaku hanya mengenal Eko sebatas pegiat media sosial saja tanpa ada kedekatan apapun. Bahkan, Ganjar mengaku tidak mengikuti yang namanya relawan Ganjarist.

"Soal aktivitas Mas Eko sebagai ketua relawan Ganjarist, saya tidak pernah mengikuti dan tidak ada hubungan apapun," kata Ganjar dalam keterangannya.

Di sisi lain, Ganjar mengapresiasi sikap Eko yang mengakui kesalahannya dan telah meminta maaf kepada Ning Imaz. Ganjar mengaku, memiliki kedekatan dengan keluarga besar Ning Imaz dan keluarga suaminya, Gus Rifqil Moeslim yaitu KH Suyuti Murtadho dan keluarga besar PP Manbauk Hikmah Kaliwungu Kendal. Begitupun dengan Ning Imaz dan keluarga besar PP Lirboyo.

Saat keduanya menikah, kata Ganjar, dia didapuk jadi perwakilan keluarga Kaliwungu untuk memberi sambutan. Ia menjelaskan, telah berkomunikasi intens dengan Gus Rifqil. Ganjar berharap persoalan ini dapat diselesaikan dengan baik.

Keputusan Eko meminta maaf ini mendapat banyak komentar dari netizen. Sebagian memuji sikap Ning Imaz dan Gus Rifqil. Sebagian menyayangkan dan gemes. Ada yang berharap Eko digampar dulu seperti Will Smith menampar Chris Rock sebelum dimaafkan.

Akun @aabelkarimi1 megatakan ulah Eko ini bukan yang pertama kali. Omongannya hang menghina sudah beberapa kali. Ia berharap kali ini, Eko dipolisikan. "Ayo proses segera Eko!. Langkah tepat Polri untuk memperbaiki diri pasca kasus Sambo," ujarnya.

Akun @coddamonash tak banyak komentar. Ia hanya menguggah foto saat Will Smith menampar Chris Rock karena menghina istrinya.

Guntur Romli memuji sikap Ning Imaz dan Gus Rifqil. Kata dia, anak Gus Rifqil dan Ning Imaz pasti akan sedih, marah dan gak terima saat nanti mengetahui ibunya dihina. Namun, kata dia, keduanya juga memberi contoh abadi oleh orang tuanya, tauladan sebagai orang mulia dan kuat.

"Karena hanya orang mulia dan yang kuat yang yak hanya bertahan dari cacian tapi juga memaafkan apalagi yang bersalah minta maaf," kicau @gunromli. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo