TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Saatnya MA Bersih-bersih

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 24 September 2022 | 07:36 WIB
Kiki Iswara Darmayana
Kiki Iswara Darmayana

JAKARTA - Sungguh memprihatinkan. Hakim Agung yang diharapkan jadi penjaga hukum di negeri ini, kena OTT Operasi Tangkap Tangan) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Memang yang kena OTT adalah oknum, tetapi ini bisa merusak citra Mah­kamah Agung (MA). Bisa menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap ben­teng terakhir lembaga peradilan.

Lebih menyedihkan lagi, oknum Hakim Agung itu kena OTT karena menerima suap pengurusan perkara. Dan, ini bisa menyebabkan, rakyat kecil yang punya persoalan hukum, pesimis saat berurusan dengan lem­baga peradilan. Mereka beranggapan, hanya orang-orang berduit yang bisa menang di pengadilan.

Kasus suap yang menyeret oknum Hakim Agung juga menunjukkan bahwa ternyata masih ada aparat penegak hukum yang menjual keadilan demi uang.

Oleh karena itu, kita berharap, kasus OTT ini bisa jadi momentum bagi pimpinan MA untuk melakukan bersih-bersih di institusinya.

Kalau ada orang-orang yang dinilai integritasnya rendah, maka cepat keluarkan dari MA.

Sudah saatnya pula pimpinan MA membersihkan institusinya dari makelar kasus.

Sebab, dengan iming-iming tertentu, makelar kasus akan terus mera­yu aparat penegak hukum agar kasus yang mereka urus, dimenangkan.

Semakin tinggi integritas aparat penegak hukum, semakin sulit ditem­bus atau dirayu makelar kasus.

Oleh karena itu, kita berharap, ke depan, orang-orang yang jadi penjaga hukum di MA adalah mereka yang berintegritas tinggi dan cinta keadilan.

Ini sangat penting untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan.

Jadi sekali lagi kita berharap, aparat penegak hukum, baik di MA, pengadilan tinggi maupun pengadilan negeri tak mudah tergoda iming-iming atau rayuan maut makelar kasus.

Kalau aparatnya bersih, antikorupsi dan antisuap, MA tidak akan pernah bisa dimainkan siapapun.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo