TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Kasih Sambutan Di Acara RM Award 2022

Jokowi: Dengan Sinergi, Kita Mampu Tumbuh Lebih kuat

Laporan: AY
Kamis, 29 September 2022 | 08:54 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

JAKARTA - Rakyat Merdeka memberikan anugerah Rakyat Merdeka (RM) Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit kepada 31 tokoh yang sangat berjasa dalam pemulihan pasca pandemi Covid-19, tadi malam. Dalam penganugerahan ini, Presiden Jokowi menegaskan, dengan sinergi dan kerja sama, Indonesia mampu tumbuh lebih kuat.

RM Award 2022 digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Acara berlangsung sangat meriah dan dihadiri para tokoh nasional. Para peraih RM Award yang terdiri dari para pejabat negara, kepala lembaga negara, pimpinan DPR, dirut BUMN, tokoh swasta dan tokoh agama, hadir lengkap dalam penganugerahan ini.

Para peraih award ini adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Tokoh Pemulihan Ekonomi Nasional, Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Stabilisator Politik, Hukum dan Keamanan, Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Tokoh Pemulihan dan Transformasi BUMN, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebagai Tokoh Pemulihan Krisis Kesehatan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai Tokoh Konektivitas Sistem Transportasi Nasional, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya sebagai Tokoh Pemulihan Ekonomi Rakyat Melalui Perhutanan Sosial, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia sebagai Tokoh Pemulihan Iklim Investasi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Tokoh Percepatan Pemerataan Infrastruktur, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sebagai Tokoh Pemulihan dan Digitalisasi UMKM, Kepala BNPT Boy Rafli Amar sebagai Tokoh Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme.

Lalu, Dirut PT Pupuk Indonesia Bakir Pasaman sebagai Tokoh Peningkatan Produktivitas Pertanian, Dirut Pertamina Nicke Widyawati sebagai Tokoh Ketahanan Energi Nasional, Dirut Taspen ANS Kosasih sebagai Tokoh Transformasi Layanan Untuk Kesejahteraan Pensiunan, Dirut BTN Haru Koesmahargyo sebagai Tokoh Pembiayaan Perumahan Rakyat, Dirut AP I Faik Fahmi sebagai Tokoh Pengembangan Inovasi dan Teknologi Bandara, Dirut AP II Muhammad Awaluddin sebagai Tokoh Transformasi dan Recovery Bandara, Dirut BNI Royke Tumilaar sebagai Tokoh Transformasi UMKM Go International, Dirut Telkom Ririek Adriansyah sebagai Tokoh Pengembangan Akses Digital Ke Pelosok Negeri, Dirut Krakatau Steel Silmy Karim sebagai Tokoh Pemulihan dan Transformasi Industri Baja Nasional, Dirut BSI Hery Gunardi sebagai Tokoh Transformasi Ekosistem Perbankan Syariah, Dirut BCA Jahja Setiaatmadja sebagai Bankir Penyelamat Usaha Kecil Saat Pandemi, Imam Masjid Istiqlal KH Prof Nasaruddin Umar sebagai Tokoh Pemersatu dan Penyejuk Bangsa, dan Direktur Pascasarjana Universitas Yarsi Prof Tjandra Yoga Aditama sebagai Tokoh Edukasi dan Literasi Kesehatan Masyarakat.

Hadir juga Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto yang mewakili Ketua DPR Puan Maharani yang dinobatkan sebagai Inspirator Perempuan Indonesia, Kapuspenkum Kejaksaan Agung Ketut Sumadana yang mewakili Jaksa Agung ST Burhanuddin sebagai Tokoh Restorative Justice dan Pemberantas Korupsi, Dirjen Migas Tutuka Ariadji mewakili Menteri ESDM Arifin Tasrif sebagai Tokoh Transformasi Green Energy, Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri L Amrih Jinangkung yang mewakili Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebagai Tokoh Diplomasi Pemulihan Krisis Global, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN Hartanto Wibowo mewakili Dirut PLN Darmawan Prasodjo sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional, Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mewakili Dirut BRI Sunarso sebagai Tokoh Pembiayaan dan Pemberdayaan UMKM, Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mewakili Dirut Mandiri Darmawan Junaidi sebagai Tokoh Transformasi Digital Banking, dan Corporate Communications Astra Regina Panontongan mewakili Dirut Astra International Djony Bunarto Tjondro sebagai Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur

Sebelum acara ini digelar, penyanyi senior Andre Hehanusa menghibur hadirin dengan lagu-lagu hits-nya. Menteri PUPR dan Dirut Rakyat Merdeka Kiki Iswara bahkan ikut nyanyi lagu Kuta Bali bareng Andre Hehanusa.

Presiden Jokowi memberikan sambutan melalui video. Jokowi mengingatkan, saat ini Indonesia sedang menghadapi situasi yang tidak mudah. Mulai dari ancaman krisis pangan, krisis energi dan finansial.

"Serta perubahan iklim di depan mata," ujar Jokowi.

Dalam menghadapi tantangan-tantangan itu, menurut Kepala Negara, ada beberapa langkah besar yang telah, sedang, dan akan dilakukan Pemerintah.

"Pertama, kita perlu terus menjaga ketahanan pangan kita. Produktivitas pertanian kita terus kita tingkatkan, sehingga bisa mengurangi produk-produk pertanian impor," ungkapnya. Pada saat yang bersamaan, Pemerintah menjaga stabilitas harga pangan, sehingga masih terjangkau oleh masyarakat.

Kedua, Pemerintah terus mengembangkan energi bersih dan memperkuat ekonomi hijau. Ketiga, hilirisasi industri harus dipercepat dan juga diperbanyak.

"Sehingga, kebijakan ini tidak hanya mendorong investasi, tapi juga menciptakan lapangan pekerjaan dan memperkuat ekonomi. Juga mendorong peningkatan ekspor," terang Jokowi.

Keempat, Pemerintah mengakselerasi UMKM agar bisa segera naik kelas. "Digitalisasi harus terus didorong untuk membantu pemberdayaan UMKM," imbuh eks Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi optimis, dengan sinergi dan kerja sama seluruh elemen bangsa, Indonesia akan mampu memanfaatkan banyak peluang untuk tumbuh lebih kuat dan tumbuh secara berkelanjutan.

"Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Rakyat Merdeka Award 2022. Semoga kerja keras dan dedikasi bapak-ibu semuanya menjadi inspirasi bagi masyarakat dan kemajuan Indonesia," ucap Jokowi, yang kemudian menutup sambutannya dengan salam. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo