TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Wujudkan Pemerintahan yang Akuntabel, DPK Tangsel Galakkan Pengawasan Tertib Kearsipan

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 29 September 2022 | 22:43 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

PAMULANG, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) Kota Tangerang Selatan kini tengah menggalakkan progam pengawasan tertib kearsipan kepada seluruh tingkat organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Tangerang Selatan. 

Hal tersebut dilakukan guna mewujudkan budaya tertib arsip sesuai dengan kaidah tata naskah dinas dan klasifikasi arsip. 

"Agar tercipta budaya tertib arsip yang berkesinambungan sesuai kaidah, prinsip, & standar kearsipan. Supaya terwujud penyelengaraan pemerintahan yang akuntabel dan menjaga memori kolektif bangsa," terang Koordinator Arsiparis DPK Kota Tangsel, Agus Budi Darmawan, Kamis (29/9/2022). 

Adapun, lanjut Budi, terdapat sejumlah aspek yang akan menjadi penilaian dalam pengawasan ini. 

"Meliputi pengolahan arsip aktif, pengelolaan arsip dinamis, sumber daya manusia (SDM) kearsipan, serta sarana dan prasarana," paparnya. 

Selain itu, Budi menjelaskan bahwa pengawasan ini dilakukan sebagai proses dalam menilai kesesuaian antara prinsip, kaidah dan standar kearsipan. 

"Serta melihat secara langsung bagaimana pencipta arsip melaksanakan pengelolaan arsip di lingkungan OPD masing-masing," imbuhnya. 

Budi mengatakan, hasil penilaian ini nantinya akan dilaporkan secara langsung kepada Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie dalam perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Tangsel. 

"Hasil Kegiatan Pengawasan ini nanti akan dikategorikan menjadi tiga terbaik dan tiga terburuk dalam pengelolaan arsip dan akan dilaporkan kepada Wali Kota," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo