TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Pilih Heru Budi Hartono Jadi Pj Gubernur DKI

Laporan: AY
Jumat, 07 Oktober 2022 | 20:48 WIB
Heru Budi Hartono Pj Gubernur DKI. (Ist)
Heru Budi Hartono Pj Gubernur DKI. (Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober 2022.

Hal itu ditetapkan dalam Rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10) siang.

Nama Heru diputuskan Presiden Jokowi setelah mendengar pertimbangan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan anggota TPA serta menteri terkait.

Rapat TPA tersebut di antaranya dihadiri Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Heru Budi Hartono, dan menteri terkait dengan pejabat eselon 1 yang akan diputuskan dalam rapat TPA tersebut.

Selain menteri anggota TPA dan menteri terkait, juga hadir perwakilan lembaga lainnya, seperti Badan Intelijen Negara, perwakilan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN).

"Ya, sudah diputuskan Pak Heru (Budi Hartono)," ujar sumber RM.id (Tangsel Pos Group), Jumat (7/10). Selain Heru, dua calon lainnya yaitu Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah serta Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bachtiar.

Penunjukan Heru dibenarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia mengucapkan selamat kepada Heru. Anies mengaku siap mendukungnya, tanpa syarat.

"Sebagai mantan gubernur, kami juga siap untuk, siap untuk mendukung. Pokoknya didukung tanpa syarat, dukung total," ujar Anies di Stasiun MRT Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (7/10).

Heru Budi Hartono bukan nama baru di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Heru pernah menjabat Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (Kabiro KDH dan KLN) serta Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara.

Heru juga pernah menjabat Wali Kota Jakarta Utara semasa Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, dia juga pernah mengisi jabatan di Pemprov DKI di era Gubernur Basuki T Purnama (Ahok).

Heru saat itu ditunjuk menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) dan dipercaya Ahok mengurusi normalisasi Waduk Pluit.

Nama Heru sempat masuk bursa calon wakil gubernur pendamping Ahok kala Pilgub DKI di tahun tersebut. Tapi akhirnya dia ditunjuk menjadi Kasetpres di tahun yang sama. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo