TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

AKI 2022 Telah Usai, Sandiaga Uno "Pede" Transaksi UMKM Melebihi Rp30 Miliar

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 10 Oktober 2022 | 11:49 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno pada puncak pameran AKI 2022 yang berlangsung di AEON Mall, Kabupaten Tangerang, Minggu (9/10/2022) malam. (tangselpos.id/rmn)
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno pada puncak pameran AKI 2022 yang berlangsung di AEON Mall, Kabupaten Tangerang, Minggu (9/10/2022) malam. (tangselpos.id/rmn)

TANGERANG, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno percaya diri bahwa jumlah transaksi atas geliat usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) pada gelaran Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 dapat meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp16-32 miliar.

Hal itu ia ungkapkan usai menutup pagelaran pekan puncak pameran AKI 2022 yang berlangsung di AEON Mall, Kabupaten Tangerang, Minggu (9/10/2022) malam.

"Sampai malam ini masih terus berlangsung jadi kita lagi hitung, tapi mungkin akan menembus angka 50% lebih dari yang kita targetkan, jadi yang tahun lalu itu kan 16 kota itu kita menyasar total antara Rp16-32 miliar, ini mungkin akan lebih dari itu, lebih dari tahun lalu," ungkapnya kepada awak media.

Melalui wadah berupa Pameran AKI 2022 ini, kata Sandiaga, Indonesia dapat mulai menunjukkan kekuatannya di mata dunia, khususnya dengan bidang ekonomi kreatif yang ditampilkan dalam pameran ini.

Dengan begitu, Ia berharap agar produk-produk UMKM yang ditampilkan ini dapat menjadi legenda dan mampu menyediakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

"Jutaan lapangan kerja yang kita butuhkan karena kita menghadapi beberapa tantangan mulai dari inflasi, tantangan potensi resesi, dan dengan geliatnya yang kita lihat di Tangerang Raya ini. Saya cukup optimis kita bisa melalui tantangan tersebut dan bisa terus mengawal kebangkitan dari pada ekonomi kita," ujarnya.

Pameran ini, lanjut Sandiaga, telah membuktikan kepada kita semua. Banyak pelaku usaha yang berhasil memperoleh keuntungan yang melimpah. Mulai dari pesanan produk, hingga suntikan dana dari para investor.

"Ternyata 4 hari mereka di sini, bukan hanya abis, soldout, bahkan mereka harus PO, lalu sudah ada yang DP, mereka dapat order dan tadi mereka mendapat investor. Mereka mendapat kemudahan pembiayaan untuk peningkatan usaha dan penciptaan lapangan kerjanya," paparnya. 

Diketahui, Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang digelar di AEON Mall Tangerang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang digelar di 16 Kabupaten/Kota sebelumnya.

Pada kegiatan ini, ada 16 jenis UMKM dari 16 daerah yang telah disaring dan ditampilkan dalam pameran puncak AKI 2022. Pelaku UMKM mengaku senang karena produknya mampu menembus pasar lebih luas.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo