TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Tabung Thermopack Meledak

Gedung Pres Sepatu Parkland Hangus Terbakar

Oleh: AY/BNN
Selasa, 08 November 2022 | 20:14 WIB
Gedung pres pembuatan sepatu Parkland yang hangus terbakar karena meledak nya tabung thermopack. Foto : Istimewa
Gedung pres pembuatan sepatu Parkland yang hangus terbakar karena meledak nya tabung thermopack. Foto : Istimewa

SERANG–Gedung pres pembuatan sepatu PT Parkland Word Indonesia (PWI) I Serang, di Jalan Raya Serang – Jakarta Km 68, Kampung Gorda Nagreg, Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, hangus terbakar, Selasa (8/11/2022) sekitar pukul 03.15 WIB.

Penyebab kebakaran itu belum diketahui secara pasti, dan masih diselidiki, namun untuk sementara diduga dari ledakan tabung thermopack di gudang tersebut. 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu, karena sejumlah orang berhasil menyelamatkan diri sebelum api membesar. Api berhasil dipadamkan sekira pukul 06.30 dipadamkan oleh 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) perusahaan.

Akibat peristiwa itu pihak perusahaan mengalami kerugian materi yang cukup besar, namun hingga kini pihak kepolisian belum mengetahui secara pasti lantaran pihak perusahaan belum merinci.

Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan menjelaskan, kebakaran terjadi di pabrik memiliki ribuan karyawan ini diketahui sekitar pukul 03.00 WIB. Dari informasi yang didapat kebakaran berawal dari tabung thermopack mengeluarkan oli hingga meledak dan terbakar.

Andhi menceritakan, saat ditemui di lokasi ada tiga saksi yang bisa ditemui dan diminta keterangan dalam peristiwa kebakaran tersebut. Yakni Sukarna (54) sebagai Supervisor, Yono (52) sebagai Mekanik Engineering dan Heri (48) sebagai Chip Pres.

“Saat peristiwa kebakaran ketiga saksi ini sedang melakukan pekerjaan disekitar gedung press PT. PWI 1,” kata Andhi.

Ia memastikan, setelah saksi diminta keterangan dan pemeriksaan tempat kejadian perkara (TKP) diketahui tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Andhi menjelaskan, Polsek Cikande Polres Serang telah berupaya untuk melakukan tindakan penanganan mendatangi TKP, memasang garis polisi dan mencatat serta meminta keterangan para saksi. 

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sampai saat ini kerugian materil belum bisa diestimasi,” tambahnya.

Chip Pres PT. PWI 1 Serang Heri menceritakan, api bermula dari tabung thermopack yang berada disamping gedung press mengeluarkan asap.  Kamudian seketika meledak mengeluarkan api. “Saat saat meledak kami ketakutan dan menyelamatkan diri,” ujar Heri.

Setelah tabung thermopack meledak, terang Heri, percikan api menyebar membakar kesejukan material yang mudah terbakar lalu seketika membakar sebagian gedung pres PT. PWI 1.

“Beruntung tiga unit  mobil pemadam kebakaran segera datang dan berupaya memadamkan api,” imbuhnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo