TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Batik Kabupaten Serang Mengangkat Kearifan Lokal

Oleh: AY/BNN
Kamis, 10 November 2022 | 19:27 WIB
Peragaan busana 12 batik motif Kabupaten Serang di Pendopo Bupati Serang. Foto : Istimewa
Peragaan busana 12 batik motif Kabupaten Serang di Pendopo Bupati Serang. Foto : Istimewa

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, melaunching 12 motif batik Kabupaten Serang, di Pendopo Bupati Serang dengan melaksanakan peragaan busana, Kamis (10/11/2022).

Diharapkan, batik tersebut dapat meningkatkan perekonomian para perajinnya, bahkan bisa terkenal hingga tingkat nasional.
12 motif batik yang dilaunching antara lain, motif Bendung Pamarayan dan Padi, motif Gandaria, motif Gerabah Bumijawa, motif Karang Bolong, motif Mercusuar Cikoneng, motif Paok Pancawarna dan Jamblang, motif Pencak Silat dan Golok, motif Pulau Sangiang, motif Rawa Danau dan Elang Jawa, motif Buah Jamblang, motif Wisata Bahari Pulau Tunda.

“Alhamdulillah kita sudah sama sama melaunching motif batik Kabupaten Serang, ada 12 motif. Tentunya kita berharap UMKM pengrajin batik ini bisa dikenalkan ke masyarakat, Kabupaten Serang, Provinsi Banten dan semoga ke tingkat nasional,” kata Tatu.
Kata Tatu, batik Kabupaten Serang ini masih dibawah binaan dari Ketua Asosiasi Pengrajin dan Pengusaha Batik Indonesia, Komarudin. Oleh karena itu motif batik yang dilaunching ini baru tahap awal.

Motif motifnya semoga terus bertambah, kualitasnya bagus dan tujuan akhir pengrajin batik Kabupaten Serang bisa lebih maju,” tuturnya.

Tatu mengungkapkan, motif batik Kabupaten Serang ini mengangkat kearifan lokal, seperti bendung pamarayan, buah Jamblang, gerabah dan golok. Adapun desainernya berasal dari Kabupaten Serang, diantaranya dari Padarincang.

“Alhamdulillah batik ketika di pegang oleh desainer jadi bagus. Batik ini sudah dibuatkan hak ciptanya dan bukunya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia, Komarudin mengatakan pihaknya masih terus membuka diri terhadap para perajin untuk terus meningkatkan kualitasnya. Sehingga keharmonisan dari motif motif batik itu lebih nampak.

“Harapan kedepan batik Kabupaten Serang bisa melengkapi mozaik batik Indonesia. Batik Kabupaten Serang ini kombinasi cap dan tulis,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo