TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Dari Phnom Penh, Biden Terbang Ke Bali

Tekan Pengaruh China, AS Tanam Investasi Di ASEAN

Laporan: AY
Sabtu, 12 November 2022 | 13:51 WIB
Presiden AS Joe Biden. (Ist)
Presiden AS Joe Biden. (Ist)

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) menjadikan ASEAN inti dari kemitraan strategis dan strategi Indo-Pasifiknya. Keterlibatan pejabat tingkat tinggi di kawasan itu menunjukkan komitmen mereka bekerja sama mengatasi tantangan global.

Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink mengatakan, prioritas utama AS di Indo-Pasifik adalah untuk memperkuat dukungan timbal balik yang kuat. Serta membangun kapasitas kolektif dari mitra dan sekutu regionalnya.

“Itu agar kita bisa mengatasi tantangan bersama dan meraih peluang bersama,” kata Kritenbrink, dalam telekonferensi dengan sejumlah media Asia, termasuk Rakyat Merdeka ((Tangsel Pos Group)  Kamis (10/11) pagi.

Kritenbrink berbicara bersama Duta Besar (Dubes) AS untuk ASEAN Yohannes Abraham. Keduanya menyoroti kehadiran Presiden AS Joe Biden di KTT ASEAN pada 12 dan 13 November 2022, dan KTT G20 di Bali, 15 dan 16 November 2022.

Selain itu, Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris akan hadir dalam KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), di Bangkok, akhir bulan ini.

“Keterlibatan tingkat tinggi yang konsisten itu menunjukkan gambaran yang jelas tentang kegembiraan AS terhadap kemitraan dengan kawasan ini,” kata Kritenbrink.

KTT regional tahun ini terjadi selama masa yang menantang bagi dunia. Mengingat inflasi yang tinggi, meningkatnya kerawanan pangan, meningkatnya biaya pinjaman dan pertumbuhan ekonomi yang lambat.

“AS berkomitmen mengatasi tantangan global ini bersama dengan mitra ASEAN-nya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Dubes Abraham memaparkan prioritas AS untuk diskusi dalam beberapa hari mendatang mencakup upaya kolektif untuk mengakhiri krisis di Myanmar, memerangi perubahan iklim, kekhawatiran atas keamanan maritim, dan perang Rusia-Ukraina.

Abraham bilang, pihaknya memiliki komitmen bersama untuk kedaulatan dan integritas wilayah dengan mitra ASEAN.

“Ini menunjukkan dukungan lama dan prinsip ASEAN untuk menghormati kedaulatan nasional,” kata Abraham, yang telah berada di Pnom Penh, Kamboja, bersama Kritenbrink.

Ditanya soal apa yang akan dibawa AS ke KTT ASEAN, dibandingkan dengan China, yang pengaruh ekonomi dan militernya telah tumbuh di kawasan itu, Kritenbrink mengatakan, Washington menawarkan “agenda positif afirmatif”. Seperti hubungan perdagangan yang besar dan berkembang.

“Selain itu, kami juga membawa investasi dari sektor swasta AS dan kontribusi untuk perdamaian dan keamanan regional, termasuk Laut China Selatan,” jelasnya.

Menurut Kritenbrink, pihaknya akan fokus pada nilai intrinsik. “Saya akan menyerahkannya kepada teman-teman di China, atau orang lain untuk mengomentari apa yang mungkin atau tidak mungkin dibawa China ke meja,” ucapnya.

Kawasan Indo-Pasifik telah menjadi medan pertempuran geopolitik bagi AS dan China. Dengan keduanya meningkatkan keterlibatan masing-masing untuk memperkuat hubungan ekonomi dan strategis dalam merebut pengaruh regional. 

Sumber berita rm.id :
https://rm.id/baca-berita/internasional/148297/dari-phnom-penh-biden-terbang-ke-bali-tekan-pengaruh-china-as-tanam-investasi-di-asean

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo