TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Serahkan Palu Presidensi, Jokowi Dukung Kesuksesan G20 India 2023

Laporan: AY
Rabu, 16 November 2022 | 18:01 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan palu Presidensi G20 kepada Perdana Menteri India Narendra Modi. Foto : Setpres
Presiden Jokowi menyerahkan palu Presidensi G20 kepada Perdana Menteri India Narendra Modi. Foto : Setpres

BALI - Setelah melewati Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) selama dua hari di Bali, rangkaian G20 di bawah presidensi Indonesia resmi berakhir.

“Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali Indonesia ditutup,” ujar Presiden Jokowi, menutup rangkaian KTT G20, di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, Rabu (16/11), seperti dikutip setkab.go.id.

Selanjutnya, Jokowi secara resmi menyerahkan palu Presidensi G20 kepada Perdana Menteri India Narendra Modi selaku pemegang presidensi 2023. Jokowi meyakini, di bawah kepemimpinan India, G20 akan terus bergerak ke depan untuk mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif.

"Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari troika tahun depan, Indonesia siap mendukung kesuksesan Presidensi G20 India, dan saya juga meminta kepada semua pimpinan yang hadir untuk mendukung India tahun depan,” seru Jokowi.

Selama dua hari KTT di Bali, Presiden Jokowi bersama para pemimpin G20, organisasi internasional, dan tamu undangan lainnya, telah melakukan berbagai kegiatan.

Pada hari pertama, Jokowi mengawali kegiatan dengan menyambut kedatangan para peserta KTT G20 di Hotel The Apurva Kempinski. Selanjutnya, Jokowi secara resmi membuka KTT G20 dilanjutkan dengan Sesi I yang membahas mengenai kondisi ekonomi global, ketahanan pangan, dan energi.

Kemudian, para pemimpin negara G20 dijamu santap siang oleh Jokowi. Pada jamuan tersebut, Jokowi mempersilakan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino menyampaikan sambutan.

Usai makan siang, para delegasi melanjutkan kegiatan KTT. Sesi II ini membahas masalah kesehatan global. Setelah itu, terdapat side event Kemitraan untuk Investasi dan Infrastruktur Globalatau Partnership for Global  nfrastructure and Investment (PGII) G20. Acara hari pertama ditutup dengan jamuan makan malam di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park.

Rangkaian KTT hari kedua di awali dengan peninjauan Taman Hutan Raya Ngurah Rai yang dilanjutkan dengan Sesi III KTT yang membahas mengenai transformasi digital. Acara selanjutnya adalah upacara penutupan dan serah terima presidensi ke India. Di sela KTT, Jokowi juga melakukan sejumlah pertemuan bilateral. (AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo