TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tangani Sampah Skala Rumah, DLH Buat Maggot Rumahan

Laporan: Irma Permata Sari
Jumat, 25 November 2022 | 09:15 WIB
Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel membuat program maggot rumahan. (tangselpos.id/ist)
Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel membuat program maggot rumahan. (tangselpos.id/ist)

SETU, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel membuat program maggot rumahan. Program ini untuk penanganan sampah organik skala rumah tangga dengan menggunakan maggot Black Soldiers Fly (Lalat Hitam) dengan cara pembesaran baby maggot menggunakan media ember.

Kepala Bidang Persampahan, Rastra Yudhatama, menjelaskan, program ini sangat membantu dalam penanganan sampah rumahan.

"Program maggot ini, setelah melakukan pembesaran maggot di ember,kemudian menjadi maggot itu memerlukan waktu 12-14 hari untuk kemudian dipanen, setelah itu ember akan ditukar dengan baby maggot yang baru. 100 gram baby maggot akan menghasilkan 1-2 kg maggot dan memerlukan kurang lebih 1 kg sampah organik untuk pakan sehingga diharapkan dapat berjalan berbarengan dengan Bank Sampah sehingga mengatasi sampah organik dan non organik di sumber," ungkapnya.

Gerakan ini adalah inisiatif masyarakat, yaitu Depo Maggot TPS3R 04 Serua Indah, Rumah Maggot Sabara dan Penggiat Lingkungan.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan mendukung upaya budidaya maggot dengan mensosialisasikan ke masyarakat dan memfasilitasi kebutuhan dalam program tersebut seperti pembuatan kandang/rumah maggot dan motor roda tiga pengangkut sampah, kedepannya Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan akan memberikan ember sebagai sarana pembesaran maggot skala rumah tangga, hal ini didasari bagaimana Mengatasi Permasalahan Sampah Dengan Cara Ramah Lingkungan.

Saat ini sudah beberapa lokasi seperti, Rw 04 Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Rw 13 Kelurahan Serua Kecamatan Ciputat, Rw 03 Kelurahan Buaran Kecamatan Serpong, Rw 04 Kelurahan Pakualam Kecamatan Serpong Utara, Perumahan Griya Loka, Perumahan Delatinos Kelurahan Rawa Buntu Kecamatan Serpong. Diharapkan dapat diikuti oleh semua wilayah sehingga dapat mengurangi sampah yang dibawa ke TPA Cipeucang. (Adv)

Komentar:
Kominfo
DPRD tangsel HUT kota tangsel
Dispora Tangsel
Perkim
RSU
DISPORA
dinkes
KOLLFEVER
ePaper Edisi 02 Desember 2022
Berita Populer
07
CAF Tangerang Sambangi Pusat Gempa Cianjur

Nasional | 1 hari yang lalu

09
RAPBD Pandeglang TA 2023 Anjlok

Pos Banten | 1 hari yang lalu

KEMERDEKAAN DPRD KOTA TANGSEL
KEMERDEKAAN CIPTA KARYA
PEMKAB PANDEGLANG
DINKES 1
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo