TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Survei Poltracking: Ganjar Pranowo Kuasai Jawa Tengah Dan Jawa Timur

Laporan: AY
Kamis, 15 Desember 2022 | 16:11 WIB
Ganjar Pranowo. (Ist)
Ganjar Pranowo. (Ist)

JAKARTA - Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis survei elektabilitas calon presiden di lima provinsi di pulau Jawa. Ada tiga nama capres dalam survei ini, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Hasilnya, Ganjar Pranowo dominan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan Anies Baswedan unggul di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Sementara itu, Prabowo Subianto menjadi runner up di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyatakan elektabilitas Ganjar Pranowo di Jateng melebihi 70 persen. Dia menyebut, hasil ini sangat berpengaruh, lantaran pemilih di Jawa Tengah mewakili 16 persen pemilih Indonesia.

"Sekitar 70 persen adalah basis Ganjar Pranowo, inilah yang menjelaskan meskipun Ganjar tidak begitu kuat di beberapa wilayah, tapi dia sangat dominan di Jawa Tengah, dan pemilih Jawa Tengah di Indonesia itu 16 persen," ujar Hanta Yuda, Kamis (15/12). 

Yuda menyebut, paslon lain mungkin akan bisa menandingi dominasi Ganjar Pranowo di Jawa Tengah jika bisa dominan di Provinsi Jawa Barat.

"Nanti Jawa Barat kalau kemudian ada yang dominan seperti ini juga bisa mengimbangi," tuturnya.

Survei dilakukan pada 26 November hingga 2 Desember 2022 dengan melibatkan 1.000 responden di 5 provinsi di Jawa. Populasi dipilih secara acak dengan kriteria responden yang sudah mempunyai hak pilih.

Adapun margin of error survei sebesar +/- 3,1 persen. Sementara tingkat kepercayaan survei berada di angka 95 persen. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo