TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Indonesia Vs Vietnam

Timnas Indonesia Jangan Kendor

Laporan: AY
Jumat, 06 Januari 2023 | 11:47 WIB
Timnas Indonesia saat menjalani latihan. (Ist)
Timnas Indonesia saat menjalani latihan. (Ist)

JAKARTA - Meski Timnas Vietnam memiliki sejarah bagus dalam rekor pertemuan, Indonesia tidak gentar. Tim Garuda siap menampilkan yang terbaik dan meraih kemenangan di semifinal leg pertama Piala AFF 2022, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sore ini.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tidak akan memainkan strategi bertahan lawan Vietnam. Menurutnya, situasi Indonesia sudah berbeda. Oleh karena itu, dia siap meladeni permainan terbuka yang diterapkan Vietnam dalam pertandingan tersebut.

Timnas Indonesia terakhir bertemu dengan Vietnam pada penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Ketika itu, skuad Garuda bermain bertahan alias parkir bus sehingga laga tuntas tanpa gol.

“Tidak akan ada namanya parkir bus, maksudnya karena ada peningkatan dari pemain. Kami juga percaya diri, pasti jadi lebih baik. Permainan akan normal seperti biasa kami lakukan,” kata Tae-yong, usai berlatih di Lapangan A Senayan, Jakarta.

Selain itu, Tae-yong mengomentari gawang Vietnam yang belum kebobolan di Piala AFF 2022. Menurutnya, lawan yang dihadapi pasukan Park Hang-seo selama penyisihan grup tidak setara. Vietnam menempati Grup B bersama Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

The Golden Star Warriors – julukan Vietnam, mampu mengemas sepuluh poin dan mencetak 12 gol tanpa kebobolan dari empat laga yang dimainkan.

Menurut saya itu (tidak kebobolan) karena lawan Vietnam lemah. Jadi, mereka tidak bisa mencetak gol. Tergantung situasi, berbeda-beda pandangannya.

"Saya lihat Vietnam bagus dalam pertahanan, tapi tergantung situasi,” ujar pelatih asal Korea Selatan ini.

Pemain bertahan Timnas Indonesia Jordi Amat menegaskan, timnya bakal tampil berbeda saat melawan Vietnam dan Shin Tae-yong sudah mulai melakukan pembenahan, termasuk evaluasi terhadap penyelesaian akhir.

Pemain kelahiran Spanyol ini mengatakan, sejauh ini tim tengah diselimuti kepercayaan diri yang tinggi jelang laga melawan Vietnam. Bahkan, Skuad Garuda sudah mengalami perkembangan positif.

"Kami tahu harus memanfaatkan setiap peluang yang kami dapatkan,” kata Jordi

Dia percaya, di laga semifinal nanti (melawan Vietnam) timnya akan menunjukkan permainan yang berbeda.

“Saya merasa tim kami mengalami perkembangan positif sejauh ini,” tambahnya.

Sementara, kubu Vietnam percaya diri menantang Indonesia. Selain performa musim ini yang brilian, Vietnam punya sejarah pertemuan yang bagus melawan skuad Garuda.

Vietnam menjuarai Grup B Piala AFF 2022 tanpa terkalahkan. Pasukan Park Hang-seo mengemas 10 poin dari 4 pertandingan. Hebatnya, mereka mencetak 12 gol tanpa kebobolan.

Sedangkan Indonesia, menjadi runner-up Grup A dengan 10 poin dari 4 laga. Indonesia juga mencetak 12 gol, namun kebobolan tiga gol (+9). Indonesia kalah selisih gol dari Thailand yang memuncaki Grup A dengan 10 poin selisih gol +11.

Park Hang-seo amat percaya diri timnya mampu mengalahkan Indonesia. Dia beralasan bahwa Vietnam sudah mampu berkali-kali mengalahkan Timnas Indonesia.

“Kami telah memenangkannya berkali-kali. Sebelum pelatih Shin Tae-yong datang,” kata Park Hang-seo.

Vietnam menang melawan Indonesia di kualifikasi Piala Dunia. Sejak dia menjadi pelatih kepala, tim Vietnam tidak pernah kalah dari Indonesia.

Bukan tanpa dasar, dalam empat pertemuan terakhir, Timnas Indonesia memang belum mampu mengalahkan Vietnam.

Kekuatan Vietnam yang perlu diwaspadai tuan rumah adalah striker haus gol, Nguyen Tien Linh. Penyerang berusia 25 tahun itu siap tampil melawan Indonesia pada semifinal Piala AFF 2022. Penggawa klub Becamex Binh Duong itu dinyatakan fit. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo